Anggota DPR Minta Pemerintah Tanggap Atas Bencana di Padangsidimpuan

Senin, 27 Maret 2017 - 15:36 WIB
Anggota DPR Minta Pemerintah Tanggap Atas Bencana di Padangsidimpuan
Anggota DPR Minta Pemerintah Tanggap Atas Bencana di Padangsidimpuan
A A A
JAKARTA - Banjir bandang di Padangsidimpuan dan Mandailing Natal, Sumatera Utara yang menelan korban jiwa lima orang mendapat tanggapan dari anggota DPR Saleh Partaonan Daulay. Menurut anggota DPR RI dari Dapil II Sumut ini pemerintah pusat diminta untuk segera turun tangan menangani musibah itu. BNPB dan Kementerian Sosial diharap bergerak cepat.

Pasalnya, banyak masyarakat yang kena bencana saat ini mengungsi di masjid dan musala. Sementara rumah mereka yang hanyut dan rusak belum jelas nasibnya.

"Di BNPB itu, setahu saya ada anggaran tanggap darurat yang bisa dimanfaatkan. Sementara, kementerian sosial bisa menggunakan anggaran bencana alam untuk menangani para pengungsi yang ada," kata dia dalam pernyataan tertulis yang dikirimkan ke SINDOnews, Senin (27/3/2017).

Bencana yang terjadi di Padangsidimpuan dan Mandailing Natal, kata dia, sangat penting ditangani. Apalagi, Presiden Jokowi baru saja sehari sebelumnya melakukan kunjungan ke daerah tersebut. Artinya, presiden sudah mengetahui persis bagaimana susahnya kehidupan masyarakat di sana.

"Presiden Jokowi sudah mengenal daerah itu. Semestinya, aparat pemerintah pusat dari kementerian/lembaga terkait cepat tanggap. Masyarakat yang terkena musibah harus segera dibantu dan dipulihkan sehingga mereka bisa kembali beraktivitas sebagaimana sebelumnya," timpalnya.

Menurut laporan masyarakat, sampai pagi ini telah ditemukan lima korban jiwa di Padangsidimpuan dan satu orang di Desa Malintang. Sementara itu, kerugian materil akibat musibah itu diperkirakan mencapai puluhan miliar rupiah.

"Saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas musibah banjir yang melanda kota Padangsidimpuan dan Desa Malintang, Mandailing Natal," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1520 seconds (0.1#10.140)