CPO Tumpah di Pelabuhan Pelindo Dumai, Begini Penampakannya

Minggu, 26 Maret 2017 - 06:03 WIB
CPO Tumpah di Pelabuhan...
CPO Tumpah di Pelabuhan Pelindo Dumai, Begini Penampakannya
A A A
PEKANBARU - Sekitar 100 kg minyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO) tumpah di Pelabuhan Pelindo Kota Dumai, Riau, Sabtu (25/3/2017). Akibatnya air laut di sekitar pelabuhan internasional untuk ekspor-impor ini tercemar.

Kapolres Kota Dumai AKBP Donald Ginting mengatakan, CPO yang tumpah itu diangkut oleh MT ARK Progress yang merupakan kapal berbendera India. "Kapal itu milik perusahaan PT Naga Mas," ucap Donald Sabtu (25/3/2017).

Dia menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi pukul 12.00 WIB di Dermaga B Pelindo, Dumai. Saat itu kapal sedang melakukan loading muat minyak CPO dengan volume 4.000 ton ke Kapal MT ARK Progress.

Setelah melakukan pengisian CPO, pihak penanggung jawab berencana melakukan pembersihan pipa hubung yang digunakan untuk penyaluran minyak CPO ke kapal. Caranya adalah dengan melakukan penembakan tekanan angin ke dalam pipa.

Namun, lanjut Donald, pada saat angin ditembakkan, pipa penghubung masih tersalur ke dalam tangki. Ternyata, pihak kapal tidak menutup lubang utama (main hole) yang berada di atas kapal.

"Akibatnya minyak CPO yang berada di dalam tangki tampung kapal tersembur ke luar dan tumpah di laut," katanya.

Terkait insiden keteledoran ini, pihak kepolisian melakukan pemeriksaan terhadap petugas kapal. Sejauh ini polisi belum menetapkan tersangka. "Terkait kasus ini kita akan melakukan gelar perkara. Ini dilakukan untuk pembuktian adanya pelanggaran atau kelalaian," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)