Kebakaran Lahan di Rokan Hilir Mencapai 20 Hektare

Senin, 20 Februari 2017 - 23:30 WIB
Kebakaran Lahan di Rokan Hilir Mencapai 20 Hektare
Kebakaran Lahan di Rokan Hilir Mencapai 20 Hektare
A A A
ROKAN HILIR - Kebakaran lahan hebat melanda Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau, pada Senin (20/2/2017). Sedikitnya 20 hektare lahan di wilayah pesisir Riau ini ludes dilalap si jago merah.

Sekretaris Manggala Agni Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Ihsan Abdillah menjelaskan, lahan yang terbakar merupakan areal gambut. Berdasarkan pantauan, lahan kosong tersebut diduga kuat sengaja dibakar dan kemungkinan akan ditanami kelapa sawit.

"Ini terlihat adanya sekat kanal yang diduga sengaja dibuat untuk membatasi lahan kosong dan perkebunan sawit. Kami perkiarakan luas lahan yang terbakar 20 hektare," katanya.

Dia mengatakan kebakaran di Rohil terjadi di empat titik, namun kebakaran terbesar berada di Labuhan Papan Kecamatan Tanah Putih. Sampai saat ini petugas belum mengetahui siapa pemilik lahan tersebut. "Kami belum tahu pasti siapa pemiliknya. Kami masih fokus untuk memadamkan," tukasnya.

Manggala Agni meminta agar hal ini dilaporkan ke pihak Dinas Perkebunan Pemkab Rohil, maupun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Selain Satgas Darat, penanganan kebakaran di Rohil juga melibatkan Satgas Udara. Satu unit helikopter Bell dikerahkan untuk membantu menangani kebakaran.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7087 seconds (0.1#10.140)