Banjir Pasuruan, Jembatan Sedodol Jebol

Jum'at, 13 Januari 2017 - 15:36 WIB
Banjir Pasuruan, Jembatan Sedodol Jebol
Banjir Pasuruan, Jembatan Sedodol Jebol
A A A
PASURUAN - Jembatan Sedodol di Desa Plinggisan, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, jebol diterjang banjir. Jembatan yang dibangun dengan anggaran senilai Rp2,3 miliar dan diresmikan September 2014 tersebut, mengalami kerusakan di bagian penyangga dan tembus ke badan jalan.

Jembatan Sedodol merupakan penghubung Desa Warungdowo, Kecamatan Pohjentrek dan Ponpes Sidogiri, Kecamatan Kraton. Akibat kerusakan tersebut, kendaraan roda empat yang melintas harus bergantian.

Seorang warga, Abdullah, mengungkapkan, jebolnya jembatan ini terjadi bersamaan dengan banjir yang terjadi pada Rabu 11 Januari 2017, malam. Kuatnya arus daerah aliran sungai (DAS) Welang yang merupakan kiriman dari hulu Pasuruan bagian selatan ini menggerus fondasi jembatan.

"Selama seminggu terakhir, volume air sungai terus meningkat. Tiga kali dalam seminggu, air sungai meluber sampai ke pemukiman warga," kata Abdullah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Bhakti Jati Permana, mengungkapkan, pihaknya telah melakukan antisipasi dengan membangun tanggul darurat. Pemasangan sandbag karung pasir diharapkan dapat menopang konstruksi fondasi jembatan dari terjangan potensi banjir susulan.

"Kami sudah mulai memasang sandbag untuk memperkuat fondasi jembatan yang jebol. Sandbag yang diperkuat dengan pasak bambu ini hanya untuk penanganan darurat," kata Bhakti Jati Permana.

Menurut Bhakti, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memasang rambu larangan bagi kendaraan berat yang melintas pada ruas jembatan tersebut. Rambu larangan ini telah dipasang di simpang empat Warungdowo dan simpang tiga Tambakrejo Kecamatan Kraton.

"Kondisi jembatan masih aman dilalui untuk kendaraan roda empat, tapi satu lajur saja. Sementara untuk kendaraan dengan muatan berat harus mengambil jalan lain," tandasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4570 seconds (0.1#10.140)