Dinkes Solo Luncurkan Call Center 119

Rabu, 11 Januari 2017 - 23:14 WIB
Dinkes Solo Luncurkan Call Center 119
Dinkes Solo Luncurkan Call Center 119
A A A
SOLO - Dinas Kesehatan (Dinkes) Solo meluncurkan layanan call center 119 untuk memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat saat kondisi gawat darurat. Unit Khusus Gawat Darurat tersebut ditangani Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kegawatdaruratan.

Sekretaris Dinkes Solo, Purwanti mengatakan, UPT Kegawatdaruratan bertugas memberikan penanganan kasus gawat darurat sebelum dilarikan ke rumah sakit. Masyarakat dapat memanfaatkan line khusus 119.

“Kondisi gawat darurat, seperti kasus kecelakaan lalu lintas, serangan stroke, dan serangan jantung. Jadi Tim Gawat Darurat segera melakukan penanganan pertama, sebelum dibawa ke rumah sakit,” ungkap Purwanti, Rabu (11/1/2017).

Purwanti menambahkan, UPT Kegawatdaruratan juga bisa merekomendasikan rumah sakit terdekat dan menginformasikan kamar yang masih kosong. Sistem informasi terpusat digunakan untuk memberikan arahan penanganan tindakan pertolongan pertama terhadap pasien. Sebab, selama ini banyak kasus salah penanganan dalam tindakan pertama.

Purwanti menjelaskan, saat ini pusat layanan 119 dioperasikan di Puskesmas Gajahan. Ke depan, akan dibuat kantor tersendiri. “Kami menyiapkan satu unit mobil ambulans. Tapi ini masih kurang, nanti akan ditambah,” katanya.

Pelayanan kegawatdaruratan diakui masih terkendala sumber daya manusia (SDM). Saat ini jumlah tenaga yang bertugas hanya 11 personel, terdiri dari Kepala UPT, empat perawat, Kepala Tata Usaha, dan lima staf.

Padahal sesuai kebutuhan, masih diperlukan tenaga dokter dan perawat tambahan. Minimal ada satu dokter dan delapan perawat yang dibutuhkan. Dinkes berencana merekrut Tenaga Kontrak dengan Perjanjian Kerja (TKPK).
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5573 seconds (0.1#10.140)