Wisatawan Solo Tewas Terjatuh dari Tebing Pura Uluwatu

Rabu, 04 Januari 2017 - 17:26 WIB
Wisatawan Solo Tewas Terjatuh dari Tebing Pura Uluwatu
Wisatawan Solo Tewas Terjatuh dari Tebing Pura Uluwatu
A A A
DENPASAR - Seorang wisatawan asal Solo tewas terjatuh dari tebing setinggi 100 meter di objek wisata Pura Uluwatu, Kuta Selatan, Badung, Rabu (4/1/2017). Korban atas nama Kwan Anto Randy Saputro (57) warga asal Surakarta.

Menurut saksi mata Saputro, korban sempat melewati batas pagar, kemudian dia berdiri terlalu ke pinggir kemudian tiba-tiba terpeleset dan terjatuh ke jurang.

Gede Darmada, Kepala Seksi Operasi SAR mengatakan, ada dua orang rescue dari arah samping menuruni tebing untuk mengamankan posisi korban yang berada 20 meter dari bibir pantai, namun sulit dan tak bisa menjangkau korban karena air mulai pasang.

Satu orang rescuer diturunkan dengan menggunakan system lowring diperkuat pegangan empat anchor. Sementara itu tim lainnya memastikan sistem tersebut bekerja secara baik dan aman.

“Nyawa anak buah saya menjadi taruhannya, tebing 100 meter terlebih medannya curam memiliki resiko tinggi. Saya harus pastikan dia melakukan evakuasi dengan aman, oleh karenanya proses evakuasi dilakukan sangat hati-hati dan melibatkan hingga 24 rescuer bersama potensi SAR lainnya,” ungkap Darmada.

Dia juga sempat menurunkan dua orang rescuer dari samping tebing untuk membantu mengevakuasi korban, namun tidak berhasil dan akhirnya diputuskan untuk menaikkan jasad korban dengan kekuatan 1 rescuer yang sudah berhasil menjangkau korban.

Akhirnya korban berhasil ditarik ke atas setelah 2 jam proses evakuasi berlangsung. Selanjutnya jasad korban dibawa menuju Rumah Sakit Umum Sanglah dengan menggunakan ambulans milik BPBD Badung.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5159 seconds (0.1#10.140)