Banjir, Jalur Pantura Surabaya-Bali Lumpuh

Rabu, 09 November 2016 - 22:40 WIB
Banjir, Jalur Pantura Surabaya-Bali Lumpuh
Banjir, Jalur Pantura Surabaya-Bali Lumpuh
A A A
PASURUAN - Hujan deras sejak siang hingga malam hari mengakibatkan Sungai Welang, Kota Pasuruan, Jawa Timur, meluap. Genangan air yang naik ke permukiman dan badan jalan, memutus jalur pantura Surabaya-Bali.

Jalur urat nadi perekonomian Jatim ini ditutup sejak Rabu (9/11/2016) pukul 19.00 WIB akibat genangan air mencapai ketinggian 50 cm. Petugas mengalihkan arus lalu lintas melalui Pandaan, Purwosari menuju Kota Pasuruan. Pengalihan jalur ini mengakibatkan penumpukan dan kemacetan arus lalu lintas di jalur alternatif tersebut.

Banjir yang melanda permukiman Karangasem Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo ini merupakan yang keenam kalinya dalam tahun 2016 ini. Banjir kiriman ini semakin lama menggenang karena bersamaan dengan pasang air laut di Selat Madura.

Genangan air mulai masuk ke permukiman yang menjadi langganan banjir setiap tahun tersebut sejak pukul 17.00 WIB. Suasana permukiman ini semakin mencekam karena petugas PLN terpaksa memutus aliran listrik. Warga setempat harus mengungsi di trotoar jalur pantura sembari menunggu genangan air surut.

Kasat Lantas Polres Pasuruan Kota AKP Hari Subagio mengatakan, penutupan jalur pantura ini terpaksa dilakukan karena ketinggian genangan air telah mencapai 50 cm di badan jalan. Pengalihan arus lalu lintas ditujukan kepada kendaraan kecil, sementara jenis truk memilih untuk bertahan di sekitar lokasi banjir.

"Arus lalu lintas untuk sementara dialihkan lewat jalur selatan. Jalur pantura akan dibuka kembali jika kondisi genangan air di badan jalan memungkinkan untuk dilalui kendaraan," kata Hari Subagio.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7865 seconds (0.1#10.140)