Bupati Kendal Pantau Persiapan Pilkades di Empat Kecamatan

Jum'at, 14 Oktober 2016 - 23:02 WIB
Bupati Kendal Pantau Persiapan Pilkades di Empat Kecamatan
Bupati Kendal Pantau Persiapan Pilkades di Empat Kecamatan
A A A
KENDAL - Bupati Kendal Mirna Annisa bersama Panitia Pilkades Kabupaten melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Kendal yang akan berlangsung 17 Oktober 2016. Pemantauan dilakukan melalui pertemuan di masing-masing kantor kecamatan yang dihadiri oleh semua calon kades dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pilkades.

Pemantauan pertama dilakukan Jumat (14/10/2016) siang di Kantor Kecamatan Patebon. Pada pertemuan tersebut, Camat Patebon Agoeng Budi Cahyono menyampaikan tentang persiapan-persiapan yang telah dilakukan dan kondisi umum di semua desa yang akan melaksanakan pilkades.

Di Kecamatan Patebon, ada lima desa yang melaksanakan Pilkades 2016, yaitu Desa Lanji, Desa Tambakrejo, Desa Kumpulrejo, Desa Bangunsari, dan Desa Kartikajaya. "Semua administrasi sudah lengkap, distribusi logistik sudah didistribusikan ke semua desa. Kondisi secara umum juga kondusif. Kampanye juga berjalan dengan baik, bahkan antaranggota juga terlihat guyub," jelasnya.

Agoeng mengatakan, untuk menjaga situasi kondusif di masing-masing desa, pihaknya telah mengadakan beberapa kali pertemuan. Pertemuan pertama dilakukan dengan semua bakal calon, yang intinya membuat pernyataan untuk siap menang dan siap kalah dan mengikuti tahapan sampai selesai, serta membantu mengendalikan massa.

Pertemuan kedua dilakukan kepada semua calon di masing-masing desa bersama semua panitia penyelenggara pilkades dengan komitmen atau kesepakatan untuk pilkades damai. Tujuannya agar pilkades berjalan aman, tertib, lancar, sehingga tercapai pilkades sukses tanpa ekses. "Jadi sejak masih bakal calon sudah dikumpulkan untuk sepakat membuat pilkades damai," ujarnya.

Bupati Kendal Mirna Annisa meminta kepada semua pihak agar bisa menjaga suasana kondusif, mampu memberikan pengertian kepada masyarakat supaya tidak terjadi kericuhan. Mirna mengharapkan agar para calon kepala desa saling menghargai dan menjaga massa dan pendukungnya agar situasi kondusif. "Bikin kesepakatan sesama calon untuk pilkades damai," pinta Mirna, seperti dikutip dari www.kendalkab.go.id.

Kepada kades terpilih nanti, Bupati Mirna juga meminta agar mempunyai gambaran yang jelas untuk program di desanya. Agar bisa memaksimalkan kinerjanya dan bisa bersinergi dengan pemerintah kabupaten, kades harus bisa mengoperasikan dan menjabarkan tugas-tugasnya.

Mirna menambahkan, kades harus bisa menjadi figur pemimpin bagi masyarakat yang akan berjuang untuk kesejahteraan masyarakat. "Kades harus punya visi misi yang jelas dan konkret," harapnya.

Dari Kecamatan Patebon, kegiatan monitoring Bupati Kendal Mirna Annisa dan rombongan dilanjutkan di Kecamatan Sukorejo, Kecamatan Boja, dan terakhir di Kecamatan Rowosari.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1553 seconds (0.1#10.140)