Dua Alat Berat Didatangkan ke Lokasi Tanggul Jebol di Grobogan

Rabu, 12 Oktober 2016 - 08:45 WIB
Dua Alat Berat Didatangkan ke Lokasi Tanggul Jebol di Grobogan
Dua Alat Berat Didatangkan ke Lokasi Tanggul Jebol di Grobogan
A A A
GROBOGAN - Dua alat berat akan diterjunkan ke lokasi tanggul jebol di Kabupaten Grobogan Jawa Tengah, hari ini. Namun, jika arus Sungai Tuntang masih deras, perbaikan tanggul kembali ditunda.

"Tanggul yang jebol di Sungai Tuntang ada tiga titik. Untuk upaya penanganan akan dilakukan pagi ini jika kondisi di lapangan sudah memungkinkan, karena sebelumnya arus sungai masih deras," kata Kepala Bidang Sungai, Waduk dan Pantai Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jateng Eko Yunianto, Rabu (12/10/2016).

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana untuk mengatasi tanggul jebol yang tersebar di tiga desa tersebut. Dia mengatakan, karakteristik tanggul tanah sangat rentan jebol jika mendapat gelontoran air dalam jumlah besar.

"Tanggul tanah memang seperti itu, jadi sebelum jebol akan didahului dengan overtopping atau air melimpah di atas tanggul. Nah, dari situ tanggulnya akan semakin terkikis hingga akhirnya jebol. Jadi nggak ada air besar terus tanggul jebol."

Selain Sungai Tuntang, pemerintah kini juga tengah mengebut perbaikan tanggul darurat di beberapa sungai besar di antaranya Sungai Cabean, Sungai Kliteh, dan Sungai Renggong. Semua perbaikan tanggul itu dilakukan dengan alat berat.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3275 seconds (0.1#10.140)