Buku SD Kelas V di Pasaman Berisi Konten Dewasa

Kamis, 06 Oktober 2016 - 20:25 WIB
Buku SD Kelas V di Pasaman Berisi Konten Dewasa
Buku SD Kelas V di Pasaman Berisi Konten Dewasa
A A A
PASAMAN - Buku pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk kelas V sekolah dasar mengandung konten dewasa ditemukan di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Beberapa pertanyaan yang disertai pilihan jawaban dalam soal latihan di dalam buku telah meresahkan para orangtua murid dan para guru. Karena dianggap tidak pantas diajukan kepada anak seusia kelas V sekolah dasar.

Seperti ditemukan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 05 Lubuk Sikaping buku olahraga ini berisi beberapa pertanyaan yang seharusnya tidak diberikan kepada anak-anak setingkat murid kelas V SD.

Kepala SDN 05 Lubuk Sikaping Ahmad Yusra menyebutkan materi pelajaran yang meresahkan ini ditemukan oleh salah seorang wali murid saat buku olahraga terbawa oleh anaknya pulang ke rumah.

Selain berisi materi yang belum sepantasnya diketahui oleh murid SD bahasa yang dipaparkan di dalam buku juga terlalu vulgar dan seronok.

Seperti yang terdapat pada bab lima halaman 55 hingga 61 buku ini terdapat beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan alat vital manusia seperti "apa nama alat kelamin pria?" atau "alat kelamin pria mengeluarkan apa?.

“Ada 8 pertanyaan di halaman ini dan setiap pertanyaan diikuti dengan jawaban pilihan ganda A-B-C-D. Tidak hanya itu pada sub bagian rangkuman juga dituliskan tentang perubahan organ vital laki-laki dan perempuan," kata Ahmad Yusra.

Buku karangan Dadan Heryana dan Giri Verianti dengan penerbit Acarya Media Utama ini berasal dari Kementerian Pendidikan yang diberikan kepada pemerintah daerah.

Menurut Ahmad, setiap jam mata pelajaran olahraga dan kesehatan para guru membagikan buku ini kepada para murid. Lalu setelah jam pelajaran usai buku dikembalikan kepada guru.

Hingga Kamis (6/10/2016) murid kelas V belum sampai mempelajari Bab 5 yang bermasalah. Saat ini para murid baru mempelajari hingga Bab 3.

Sementara meski buku pelajaran ini tidak untuk dibawa pulang oleh para murid namun pihak sekolah berharap dinas pendidikan setempat dapat segera menarik dan mengganti dengan buku lain. Karena isi buku telah meresahkan para orangtua murid dan para guru olahraga di daerah ini.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9934 seconds (0.1#10.140)