Jaga Kegiatan Ahmadiyah di Bintan, Ratusan Polisi Disiagakan

Kamis, 15 September 2016 - 19:57 WIB
Jaga Kegiatan Ahmadiyah di Bintan, Ratusan Polisi Disiagakan
Jaga Kegiatan Ahmadiyah di Bintan, Ratusan Polisi Disiagakan
A A A
BINTAN - Polres Bintan menurunkan ratusan personel di Pulau Numbing, Bintan Pesisir untuk menjaga kegiatan Jalsa Salanah (pertemuan tahunan) Jamaah Ahmadiyah dari Singapura, Malaysia, Jakarta, dan Batam. Jamaah Ahmadiyah dijadwalkan berkumpul di Pulau Numbing, Bintan Pesisir, Jum'at-Minggu 16-18 September.

Pihak kepolisian mengkhawatirkan terjadinya bentrokan antarorganisasi masyarakat, yaitu antara Jamaah Ahmadiyah dengan Front Pembela Islam (FPI) Kepri.

Karenanya Polres Bintan menurunkan 100 personel di pulau tersebut. Disebar ke seluruh penjuru, mulai dari pusat kegiatan lokasi Jamaah Ahmadiyah berkumpul, menginap hingga lokasi pelabuhan di Pantai Indah Barek Motor dan Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang.

Kapolres Bintan AKBP Febrian Guntur Sunoto, mengatakan, selain 100 anggota diturnkan ke pulau tersebut pihaknya juga berkoordinasi dengan FPI, agar tidak menghadiri tabligh akbar tersebut.

"Kita berkoordinasi dengan Imigrasi, agar warga dari negara tetangga yang akan menuju ke Numbing untuk menghadiri pertemuan tahunan, agar dibatalkan. Ini untuk menjaga agar keamanan tetap kondusif," kata Guntur.

Menurut Guntur, Jamaah Ahmadiyah tidak mengadakan tabligh akbar, namun, hanya mengadakan pertemuan rutin tahunan, yang akan dihadiri warga-warga dari luar negeri dan dalam negeri.

"Tidak ada tabligh akbar, hanya pertemuan rutin tahunan," tegas Guntur.

Guntur juga mengimbau, warga Batam dan Jakarta yang akan mengikuti pertemuan Jamaah Ahmadiyah agar membatalkan, dan datang pada hari lain saja. Agar keamanan di Pulau Numbing terjaga.

"Selama tiga hari tersebut, kita himbau agar tidak ada warga dari luar Pulau Numbing yang mengikuti pertemuan tahunan itu. Termasuk FPI juga kita imbau untuk tidak kesana, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," imbau Guntur.

Kepala Kesbangpol Bintan, Karya Harmawan mengatakan, dia akan meninjau lokasi pelaksanaan aktivitas Jamaah Ahmadiyah, guna memastikan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Pemerintah juga bekerjasama dengan aparat untuk pengamanannya," kata Karya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2128 seconds (0.1#10.140)