Kiat Membangun Diri yang Berkualitas Menurut Hary Tanoesoedibjo

Rabu, 07 September 2016 - 01:30 WIB
Kiat Membangun Diri yang Berkualitas Menurut Hary Tanoesoedibjo
Kiat Membangun Diri yang Berkualitas Menurut Hary Tanoesoedibjo
A A A
SUKOHARJO - CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) memberikan kuliah umum di Akademi Teknologi Warga Surakarta, Jawa Tengah. Dalam kuliah umumnya, HT berpesan untuk membentuk pribadi yang berkualitas.

“Musuh terbesar setiap orang, dirinya sendiri. Atasi, jadilah berkualitas,” ujarnya, Selasa (6/9/2016).

Dia mengatakan, ada tiga kualitas yang harus terus diasah. Pertama, kualitas ke atas atau hubungan spiritual dengan Sang Pencipta. Kedua, kualitas ke dalam, selalu introspeksi memperbaiki kelemahan diri.

Ketiga, kualitas ke luar, yaitu memberikan yang terbaik dalam setiap tugas dan tanggung jawab. “Keberhasilan sangat ditentukan dari kualitas kita. Semua orang berhasil pasti berkualitas,” tegas HT.

Dalam kuliah umum bertema Membangun Ekonomi Indonesia dalam Menghadapi Persaingan Global itu, HT juga mendorong mahasiswa dan para pelajar agar produktif.

“Generasi muda harus produktif, menciptakan lapangan kerja dan menjadi pembayar pajak, membangun daerah,” tuturnya.

Selama ini, kata dia, hanya kota-kota besar saja yang terbangun. Pertumbuhan ekonomi pun hanya dinikmati masyarakat elite yang umumnya tinggal di kota-kota besar.

“Ketika kapitalisme dipertahankan, Indonesia sulit maju dan bersaing di ekonomi global yang kompetitif,” katanya.

Strategi pembangunan Indonesia, lanjut HT, harus diubah. Masyarakat yang mayoritas tertinggal harus mendapat perlakukan khusus berupa akses dana murah dan mudah, pelatihan dan proteksi.

Sehingga mereka bisa naik kelas dan ikut berkontribusi membangun perekonomian nasional. “Harus ada keberpihakan untuk membangun Indonesia. Masyarakat belum siap secara kesejahteraan dan pendidikan,” terangnya.

Selain memberikan motivasi, HT juga memberikan bantuan dana pendidikan kepada mahasiswa berprestasi.

Sementara itu, Direktur Akademi Teknologi Warga Surakarta Yulianto Kristiawan mengungkapkan, pihaknya memiliki program pemberdayaan UMKM, bekerja sama dengan masyarakat sekitar. “Kami mengembangkan UMKM, mudah-mudahan membangun ekonomi Indonesia,” katanya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8777 seconds (0.1#10.140)
pixels