Satgas TNI Perbatasan RI-Timor Leste Sita 71 Senjata Kuno

Selasa, 21 Juni 2016 - 14:12 WIB
Satgas TNI Perbatasan RI-Timor Leste Sita 71 Senjata Kuno
Satgas TNI Perbatasan RI-Timor Leste Sita 71 Senjata Kuno
A A A
KEFAMENANU - Aparat TNI Penjaga garis Perbatasan RI-RDTL sektor Barat, Yon Armed 11 Kostrad di Timor Tengah Utara, NTT berhasil menyita 71 pucuk senjata api buatan Amerika maupun senpi rakitan. Sebagian besar senjata api jenis Springfield buatan tahun 1903 itu merupakan peninggalan leluhur yang sedang disimpan oleh warga di berbagai rumah adat yang ada di wilayah Timor Tengah Utara.

Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, Letkol Arm Teguh Tri Prihanto Usman menyatakan sesuai pengakuan warga, senjata api yang disita itu hanya digunakan untuk berburu ternak liar di hutan.

“Sebanyak 71 pucuk senpi ini warisan dari leluhur mereka (warga) dan disimpan sebagai warisan di rumah-rumah adat dan biasanya digunakan untuk berburu tapi manakala memang terpaksa bisa digunakan dalam bentuk kejahatan bila tidak diamankan,” kata Teguh.

Sesuai rencana puluhan pucuk senjata api Springfield buatan Amerika berikut amunisi yang sudah diamankan ini akan diregistrasi kemudian diserahkan ke Markas Korem 161/Wirasakti Kupang sebagai barang bukti dan selanjutkan akan dimusnahan.

TNI juga mengklaim sejak penugasan mereka mulai Oktober 2015 hingga Juni 2016 di perbatasan Timor Tengah Utara NTT mereka berhasil menekan angka penyelundupan barang ke negara tetangga kemudian berhasil membuat situasi di daerah perbatasan aman dan tidak ada gejolak yang berarti.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6594 seconds (0.1#10.140)