Flu Singapura Mewabah di Kasongan

Kamis, 16 Juni 2016 - 13:37 WIB
Flu Singapura Mewabah di Kasongan
Flu Singapura Mewabah di Kasongan
A A A
KASONGAN - Virus Flu Singapura juga mulai mewabah ke Kabupaten Kasongan, Kalimantan Tengah (Kalteng). Padahal Kasongan berjarak 500 kilometer dari Kota Palangkaraya. Flu Singapura mulai menjangkit sejumlah anak di Kelurahan Kasongan Lama, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan.

Berdasarkan data di Puskesmas Kasongan II, sejak Mei hingga Juni 2016, sedikitnya 25 anak sudah terjangkit peyakit ini

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Katingan dr Robertus Pamuryanto mengaku belum mendapat laporan resmi dari sejumlah puskesmas dan RSUD Mas Amsyar Kasongan.

"Kita akan mengumpulkan datanya terlebih dahulu. Yang jelas penyakit Flu Singapura ini berbeda dengan Flu Burung. Flu singapura seperti penyakit influenza biasa dan hanya menyerang anak-anak. Namun tetap kita harus antisipasi penyebaran yang kian meluas," ujar Robert, di kantornya, Kamis (16/5/2016).

Terpisah, Kepala Puskesmas Kasongan II, dr Agnes menjelskan, sudah ada sekitar 25 anak dalam satu bulan terakhir positif terkena Flu Singapura

"Pada Mei ada 14 orang dan pada Juni ini sementara ada 11 orang. Rata-rata dialami pada anak-anak," ungkapnya.

Menurutnya, pasien yang berobat ke Puskesmas Kasongan II sudah dinyatakan positif berdasarkan hasil diagnosa. Wabah virus ini juga sudah banyak ditemukan di sejumlah desa di Kabupaten Kasongan.

Gejala Flu Singapura, lanjutnya, munculnya bintik-bintik merah ditelapak tangan, kaki dan mulut. Pada hari pertama biasanya akan menyebabkan demam layaknya virus influenza.

"Virus mudah menular, karena bisa melalui cairan mulut, batuk, bersin dan muntah. Sehingga virus mudah terbawa angin. Bagi anak anak yang terserang harus perbanyak istirahat dan agar tidak menyebar luas," imbaunya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1041 seconds (0.1#10.140)