Ke Penjara Banceuy, Jokowi Beri Hormat Patung Soekarno

Rabu, 01 Juni 2016 - 15:05 WIB
Ke Penjara Banceuy, Jokowi Beri Hormat Patung Soekarno
Ke Penjara Banceuy, Jokowi Beri Hormat Patung Soekarno
A A A
BANDUNG - Setelah mengikuti rangkaian acara di Gedung Merdeka, Presiden Joko Widodo langsung berjalan kaki sekira 500 meter menuju Situs Penjara Banceuy, tempat Soekarno pernah ditahan, pada 29 Desember 1929 hingga 30 Desember 1930.

Dia berjalan ke lokasi bersama rombongan, di antaranya Megawati Soekarnoputri, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, serta sejumlah pejabat lainnya.

Begitu tiba di lokasi, Jokowi langsung masuk ke dalam penjara berukuran sekira 2x1 meter tersebut. Dia masuk bersama Megawati, Puan Maharani, dan Zulkifli Hasan. Sedangkan Ridwan Kamil berdiri di luar, tepatnya di dekat pintu masuk.

Di dalam penjara sempit tersebut, Jokowi tampak berbincang-bincang dengan Megawati, Puan, dan Zulkifli. Tak lama berselang, mereka semua keluar dari penjara dan berjalan menuju patung Soekarno yang ada di sekitar lokasi.

Setelah berbincang-bincang, para pejabat di sana langsung meninggalkan lokasi. Tapi Jokowi yang berjalan kaki paling terakhir sempat membalikkan badan. Dia kemudian memberi hormat pada patung Soekarno.

Suasana di lokasi pun tampak semrawut, karena area yang cukup sempit. Sementara di sana wartawan dan fotografer sangat banyak. Belum lagi ditambah kehadiran satuan pengamanan dan panitia.

Setelah Jokowi selesai memberi hormat, dia langsung meninggalkan lokasi untuk menuju Gedung Merdeka. Setibanya di Gedung Merdeka, Jokowi masuk ke dalam mobilnya dan meninggalkan lokasi.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5003 seconds (0.1#10.140)