Banjir Tenggelamkan Belasan Rumah di Barito Selatan

Jum'at, 27 Mei 2016 - 11:55 WIB
Banjir Tenggelamkan Belasan Rumah di Barito Selatan
Banjir Tenggelamkan Belasan Rumah di Barito Selatan
A A A
BARITO SELATAN - Banjir rendam belasan rumah di Desa Baruang, Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA), Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah sejak empat hari terakhir.

Menurut, Kepala Desa Baruang, Heri Kuswoyo, banjir disebabkan sungai Ayuh meluap akibat curah hujan yang tinggi dalam sepekan terakhir. Banjir ini sudah berlangsung empat hari ini.

"Beberapa hari terakhir hujan lebat dengan kurun waktu lama menyebabkan sungai Ayuh meluap. Belasan rumah warga terendam banjir," kata Heri di rumahnya yang juga terendam banjir, Jumat (27/5/2016).

Ia mengatakan, ketinggian air yang merendam desanya mulai dari 50 centimeter hingga satu meter.

Akibatnya, warga mulai mengungsi ke sanak saudara maupun ke balai desa. "Musibah ini sudah kita laporkan ke Camat Gunung Bintang Awai dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," sebutnya.

Heri berharap pemerintah daerah melalui instansi terkait bisa secepatnya membantu warga yang mengalami musibah banjir.

"Saya berharap agar air yang merendam rumah warga ini cepat surut, dengan begitu masyarakat bisa bekerja kembali seperti biasanya," harap dia.

Sementara itu, Camat Gunung Bintang, Awai Susupniati membenarkan adanya laporan dari para kades bahwa di wilayahnya sejumlah desa mengalami banjir.

Desa-desa yang mengalami banjir adalah desa Baruang, Kayumban dan Tabakanilan.
Untuk desa Baruang masih belum surut, sementara desa Kayumban air sudah mulai surut.

"Untuk Desa Tabakanilan banjirnya tidak sampai merendam rumah warga. Hanya saja sawah yang belum selesai panen terendam. Akibatnya tidak bisa dipanen," ucap dia.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya akan segera melaporkan kepada instansi terkait. Khusus untuk sawah terendam pihaknya akan meminta bantuan bibit padi.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5561 seconds (0.1#10.140)