Air dari Tiang Penyangga Kerap Digunakan Berobat

Selasa, 26 April 2016 - 07:05 WIB
Air dari Tiang Penyangga Kerap Digunakan Berobat
Air dari Tiang Penyangga Kerap Digunakan Berobat
A A A
ACEH SELATAN - Meski sudah berusia sembilan abad, Masjid Nurul Huda atau lebih dikenal dengan nama Masjid Tuo Pulo Kambing yang berada di Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan masih berdiri kokoh. Masjid ini masih digunakan masyarakat untuk beribadah dan uniknya salah satu tiang penyangga masjid kerap mengeluarkan air.

Menurut Umar Syah penjaga masjid, Masjid Tuo Pulo Kambing ini dibangun pada 8 Agustus tahun 1351 Masehi oleh seorang ulama Persia bernama Syeh Muhammad Husen al Fanjuri bin Muhammad al Fajri Kautsar.

Masjid ini terdiri dari tiga lantai dan terbuat dari kayu yang diambil dari dalam hutan. Awal pembangunan masjid ini tanpa mengunakan paku.Keunikan masjid ini terlihat dari empat tiang penyangga dengan ukiran kaligrafi di setiap tiangnya.

“Ada satu tiang yang kerap mengeluarkan air sehingga masyarakat membuatkan tempat penampungan. Sebagian besar masyarakat meyakini bahwa air yang keluar dari salah satu tiang mengandung keberkahan sehingga banyak masyarakat Aceh maupun luar Aceh yang datang berkunjung ke masjid ini,” kata Umar Syah, Senin (25/4/2016).

Masjid tersebut sudah menjadi tempat beribadah dan mengaji warga setempat dan orang-orang pada masa gempa dan tsunami lampau, banyak mengungsi di masjid tersebut

Masjid ini, kata dia, sudah beberapa kali direnovasi namun tidak mengubah bentuk aslinya seperti saat dibangun sembilan abad lalu.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6370 seconds (0.1#10.140)