Puluhan Ha Sawah di Mamasa Rusak Dihantam Banjir Bandang

Senin, 18 April 2016 - 14:42 WIB
Puluhan Ha Sawah di...
Puluhan Ha Sawah di Mamasa Rusak Dihantam Banjir Bandang
A A A
MAMASA - Puluhan hektare sawah milik petani di Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat rusak sehingga mengalami gagal panen akibat tergerus banjir bandang. Akibat peristiwa ini petani mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Sejumlah petani berusaha menyelamatkan tanaman padi mereka yang masih berusia dua bulan ini namun sayang seluruh padi mereka telah rusak. Bahkan di beberapa tempat lumpur yang menutupi persawahan ada yang mencapai setengah meter.

Ironisnya petani yang selama ini mengantungkan hidup mereka dari hasil panen sawah kini harus merasakan kerugian yang cukup besar. Kondisi lahan persawahan yang mengalami kerusakan terparah terletak di Dusun Ne’ke, Kecamatan Mamasa seperti yang terlihat pada Senin (18/4/2016). Di mana di tempat ini kondisi persawahan warga sudah tak berbentuk lagi lantaran diterjang banjir bandang.

Sawah yang dulunya berpetak-petak kini sudah tak berbentuk lantaran pematang sawah milik petani kini rata. Peristiwa banjir bandang yang terjadi akibat meluapnya sungai di mamasa ini merupakan yang terparah dalam 3 tahun terakhir.

Tak hanya merusak lahan pertanian dan persawahan namun juga merusak sejumlah fasilitas umum termasuk belasan rumah milik warga. Para petani berharap ada bantuan dari pemerintah untuk membuka kembali lahan persawah yang baru.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0064 seconds (0.1#10.140)