Tes Urine, Perwira Polisi Positif Narkoba

Selasa, 12 April 2016 - 02:01 WIB
Tes Urine, Perwira Polisi Positif Narkoba
Tes Urine, Perwira Polisi Positif Narkoba
A A A
MAKASSAR - Ratusan jajaran utama dan anggota Direktorat Narkoba Polda Sulselbar dan Kepala Kepolisian Resor serta Kota Besar se-Sulselbar kaget saat mendadak harus mengikuti tes urine, di Mapolda Sulsel, Senin (11/4/2016) pagi. Pelaksanaan tes itu dipimpin dan diawasi langsung Pelaksana Tugas (Plt) Kapolda Sulselbar Brigjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Bidang Dokter Kesehatan Polda, setidaknya lima perwira dinyatakan positif mengonsumsi obat-obatan maupun narkotika. Setelah dilakukan uji lab, seorang anggota Direktorat Narkoba positif mengonsumsi methamphetamine yakni Aipda Ju. Selain Aipda Ju, Kompol Da juga dinyatakan positif mengonsumsi morfin.

Sedangkan tiga perwira lainnya yakni Kompol Ar, Kompol Bs, dan Kompol Jw yang merupakan anggota Ditnarkoba, positif Benzodienzepin yang masih perlu pengujian lanjutan lantaran masih ada kemungkinan disebabkan konsumsi obat flu maupun obat lainnya.

Gatot Eddy Pramono menyebutkan, pelaksanaan tes narkoba berupa pemeriksaan sampel urine di jajarannya untuk memastikan tidak ada lagi anggotanya yang terlibat kasus narkotika, khususnya anggota Ditnarkoba yang menjadi garda terdepan pemberantasan narkotika serta seluruh pejabat utama Polda Sulselbar dan Kapolres yang bertugas di wilayah masing-masing.

Gatot juga menyebutkan, setidaknya tes hari ini diikuti seluruh pejabat utama Polda dan Kapolres se-Sulselbar, serta sekitar 60 anggota satuan narkoba. Kegiatan itu dilakukan mendadak serta dilakukan seusai kegiatan pengarahan Plt Kapolda kepada seluruh pejabat utama dan Kapolres .

"Bukan dilaksanakan pada hari ini saja, di polres-polres juga pernah. Kebetulan hari ini ada kegiatan dan semua kapolres dan pejabat utama semua datang sehingga dilakukan tes urine," jelas Gatot.

Dia menegaskan akan memberi sanksi tegas berdasarkan aturan yang berlaku jika ditemukan anak buahnya positif narkoba. "Kalau ada ditemukan positif kita lakukan penindakan sesuai aturan, kita periksa dan akan dilakukan sanksi sesuai peraturan yang ada," jelasnya.

Sedangkan, menurut Kabid Humas Polda Sulselbar Kombes Pol Frans Barung Mangera, seluruh perwira yang dinyatakan positif narkoba akan langsung diperiksa di Propam Polda. Selain itu, jabatan struktural yang mereka pegang akan dicopot dan dinonaktifkan.

"Sudah pasti, itu, segera dilakukan pencopotan jabatan selanjutnya dilakukan pemeriksaan untuk saksi lanjutan. Ini harus dilakukan agar publik percaya polda konsisten melakukan pemberantasan," ujar Barung saat rilis hasil tes urine.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6570 seconds (0.1#10.140)