Banjir Kabupaten Bandung Bikin BPBD Kewalahan

Minggu, 13 Maret 2016 - 21:34 WIB
Banjir Kabupaten Bandung...
Banjir Kabupaten Bandung Bikin BPBD Kewalahan
A A A
BANDUNG - Banjir yang melanda belasan kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat cukup kerepotan. Penanganan di lapangan pun tidak secepat biasanya karena ada berbagai kendala.

"Kita ada keterlambatan penanganan, terus terang karena banjirnya dadakan, kondisi (pemerintahan) saat ini juga libur, jadi semua pengambil kebijakan agak sedikit kewalahan," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Hendrawan, Minggu (13/3/2016).

BPBD dan berbagai pihak terkait sebenarnya sudah siaga dalam menghadapi kemungkinan banjir. Tapi, hujan deras dalam beberapa hari terakhir membuat banjir yang melanda begitu luas. Bahkan banjir saat ini adalah yang terparah dalam sepuluh tahun terakhir.

"Kejadiannya bukan hanya di Kecamatan Baleendah saja, ada 14 kecamatan lain yang juga terdampak. Itu saja persoalannya."

Saat ini, BPBD bersama sejumlah pihak lainnya terus bekerja keras melakukan penanganan. Logistik disalurkan, evakuasi warga dikerjakan, hingga menangani kebutuhan pengungsi dan korban lainnya.

Seperti diberitakan, banjir di Kabupaten Bandung melanda 15 kecamatan dengan ketinggian antara 80 sentimeter hingga 3 meter. Curah hujan jadi penyebab banjir karena sejak 8-12 Maret hujan sangat deras dengan puncak hujan terjadi kemarin pukul 16.00-19.30 WIB.

Total ada 5.900 KK atau 24 ribu jiwa yang terkena dampak akibat banjir tersebut. Sebanyak 3.000 orang pun sudah mengungsi. Hingga malam ini, petugas fokus mengevakuasi pengungsi. Hujan dengan intensitas sedang masih mengguyur sejumlah kawasan di Kabupaten Bandung.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)