Kawasan Timur Batam Lokasi Bagus Lihat Gerhana Matahari

Selasa, 08 Maret 2016 - 17:36 WIB
Kawasan Timur Batam Lokasi Bagus Lihat Gerhana Matahari
Kawasan Timur Batam Lokasi Bagus Lihat Gerhana Matahari
A A A
BATAM - Kawasan timur Pulau Batam, Kepulauan Riau, adalah lokasi yang bagus untuk melihat gerhana matahari. Kawasan yang dimaksud adalah daerah pantai sekitar Batubesar sampai ke Punggur. Hal ini dikatakan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Philip Mustamu, Selasa (8/3/2016).

"Sepanjang Pantai Batubesar sampai ke Pelabuhan Punggur bagus melihat gerhana matahari, saat matahari baru terbit sekitar 10 derajat, pas untuk melihatnya," ujar Philip.

Saat ditanyakan apakah pada saat terjadinya gerhana matahari tersebut akan turun hujan, Philip mengatakan bahwa cuaca akan cerah pada saat gerhana matahari, Rabu (9/3/2016) besok.

"Untuk wilayah Batam khususnya dan Kepri umumnya besok cuaca bagus, cerah pada saat gerhana."

Seperti diketahui, fenomena alam Gerhana Matahari Total akan terjadi pada Rabu (9/3/2016). Batam salah satu kota yang akan termasuk dalam peta lintasan. Selain Batam, beberapa kota di Kepri juga akan dilalui gerhana tersebut.

Selain Batam, wilayah yang dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian dengan magnitudo terentang antara 0,815 di Ranai hingga 0,936 di Daik, Lingga. Dalam fase gerhana matahari sebagian ini, kontak pertama fase gerhana merupakan seluruh kota di Provinsi Kepri.

Hal ini berarti bahwa matahari sudah terbit barulah kemudian terjadi gerhana sebagian yang dapat diamati di Provinsi Kepri. ‎"Untuk Kepri, kita hanya dapat menyaksikan fenomena gerhana matahari sebagian saja," ujarnya.

Philip menambahkan bahwa gerhana matahari 9 Maret akan dimulai dari pukul 06:22 WIB. Kemudian puncaknya dapat diamati pukul 07:24 WIB, hingga kemudian berakhir pukul 08:33 WIB.

"Untuk Tarempa dan Ranai, dua daerah ini akan empat menit lebih cepat dilintasi gerhana matahari sebagian, dibandingkan daerah-daerah lainnya. Hal ini terjadi karena letak lokasi Ranai dan Tarempa terbilang cukup jauh dari kota-kota lainnya," ujar Philip.

BMKG memperkirakan, durasi rata-rata gerhana matahari di setiap kota selama 2 jam 11 menit. Untuk daerah yang dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian terlama ialah Ranai, yakni berdurasi sekitar 2 jam 14 menit dan 55,9 detik.

"Daerah yang mengalami durasi paling singkat dalam mengamati gerhana matahari sebagian 2016 ini, ialah daerah Tanjung Balai Karimun dengan durasi rata-rata 2 jam 9 menit dan 28,3 detik," ujarnya.

Sementara, gerhana matahari di Batam sekitar 2 jam 10 menit dan 12,8 detik.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8210 seconds (0.1#10.140)