Bocah 9 Tahun di Bali Tewas akibat Rabies

Senin, 07 Maret 2016 - 12:33 WIB
Bocah 9 Tahun di Bali Tewas akibat Rabies
Bocah 9 Tahun di Bali Tewas akibat Rabies
A A A
DENPASAR - Bocah berusia 9 tahun bernama AA Gede Yoga Arimbawa asal Kahuripan Panjarangkan, Klungkung, Bali, tewas akibat rabies. Korban dinyatakan meninggal Senin pagi Senin (7/3/2015) sekitar pukul 06.30 Wita.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Klungkung, I Nyoman Kesuma menerangkan, korban baru masuk ke UGD pada, Minggu 6 Maret 2016 di RSUD Klungkung.

Kemudian pihak RS melakukan pemeriksaan terhadap pasien, dimana hasilnya menandakan ada gejala penyakit rabies.

"Dari sana ada kecurigaan bahwa pasien menderita rabies. Hanya saja saat digali apakah ada gigitan itu tidak jelas. Pasien dan keluarga mengaku korban ini tidak digigit anjing tapi hanya dijilat," ungkapnya.

Pihaknya menegaskan, pengakuan korban awal hanya dijilat anjing pada lututnya. "Tapi karena gejalanya sangat menyerupai rabies maka pihak kami tetap merawat pasien sebagai pasien rabies. Sekitar pukul 10.30 Wita korban kami tempatkan diruang isolasi," paparnya.

Sekitar pukul 19.00 Wita korban sempat berontak dan mencabut infusnya, pihak dokter yang menjaga akhirnya memberi obat penenang.

"Tadi pagi sekitar pukul 06.00 Wita korban memberontak lagi, bahkan pasien juga mengalami sesak nafas. Pada saat itu kami sudah memberikan bantuan pengobatan. Tapi sekitar pukul 06.30 Wita korban sudah tidak bernyawa," kata Kesuma.

Pihaknya mengatakan, timbulnya gejala penyakit rabies ini diantaranya ada demam, korban sangat phobia dengan air, sinar matahari, dan paling parah adalah ketika korban berperilaku seperti anjing.

"Korban saat ini sudah dibawa pulang oleh pihak keluarganya. Dari tubuh korban memang tidak ada tanda gigitan, saat ini pihak dinas kesehatan sedang menyelidikinya," pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0198 seconds (0.1#10.140)