Menlu Ceko Kagum dengan Borobudur

Sabtu, 27 Februari 2016 - 19:36 WIB
Menlu Ceko Kagum dengan...
Menlu Ceko Kagum dengan Borobudur
A A A
MAGELANG - Menteri Luar Negeri (Menlu) Ceko Lubomir Zaoralek didampingi Duta Besar (Dubes) Ceko untuk Indonesia Ivan Hotek dan Pejabat Kemlu RI mengunjungi Candi Borobudur, di Kabupaten Magelang.

Dalam kunjungannya, dia mengaku sangat kagum dengan keberadaan Candi Borobudur. Bahkan saking kagumnya, saat berada di stupa (bangunan candi paling atas), dia sempat mengelilingi hingga dua kali.

Kedatangan Menlu Ceko ke bangunan peninggalan wangsa Syalendra tersebut diikuti 30 pengusaha dari Ceko, sekitar pukul 15.00 WIB. Sekalipun saat tiba turun hujan rintik-rintik, tak menyurutkan niatnya untuk melihat bangunan tersebut.
Rombongan dengan membawa payung, kemudian menaiki anak tangga candi keliling melihat relief di dinding candi tersebut.

Menlu Ceko berserta rombongan mendapatkan penjelasan tentang relief dan bangun candi oleh Staf Humas dan Keamanan Balai Konservasi Borobudur (BKB) Mura Aristina.

Rombongan keliling candi, bahkan sempat melihat anak tangga yang tengah dipasang karet untuk melapisi dari kehausan.

“Menlu Ceko sangat kagum dengan Borobudur. Bangunannya bagus sekali, di mana menjadi ikon pariwisata. Kemudian saat berada di stupa, sempat dua kali keliling. Bahkan saat di atas bertemu dengan orang Ceko yang tinggal di Indonesia, sehingga sempat ngobrol lama,” ujar Mura, kepada wartawan, Sabtu (18/2/2016).

Mura menambahkan, sebelum Menlu Ceko melakukan kunjungan ke Candi Borobudur. Seminggu sebelumnya, Dubes Ceko untuk Indonesia terlebih dahulu telah melakukan survei di Candi Borobudur.

Sementara itu, Direktur Eropa Tengah dan Timur Kemlu Witjaksono Adji mengatakan, kunjungan Menlu Ceko ke Indonesia bertujuan untuk mempererat kerja sama dengan Indonesia.

Mereka ingin mengetahui bahwa Indonesia merupakan negara yang menjunjung demokrasi dan HAM. Selain itu, ingin mengetahui budaya dengan penduduk di Indonesia yang mayoritas Islam. “Ini juga untuk meningkatkan kerja sama bilateral antarnegara,” katanya.

Ceko juga akan melakukan kerja sama dengan Indonesia dalam bidang ekonomi. Dalam kunjungan tersebut, 30 pengusaha bidang ekonomi mengikuti kunjungan ke Yogyakarya dan dilanjutkan melihat keindahan Candi Borobudur.

Dalam kunjungan tersebut, sejumlah personel dari Polres Magelang diterjunkan untuk melakukan pengamanan terhadap Menlu Ceko Lubomir Zaoralek.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)