Ratusan Balita di Bondowoso Menderita Gizi Buruk

Rabu, 24 Februari 2016 - 15:50 WIB
Ratusan Balita di Bondowoso Menderita Gizi Buruk
Ratusan Balita di Bondowoso Menderita Gizi Buruk
A A A
BONDOWOSO - Ratusan balita di Bondowoso terpapar menderita gizi buruk akibat faktor kemiskinan. Sehingga Dinas Kesehatan Bondoswoso pun mulai membentuk posko pemulihan kekurangan gizi untuk menangani penderita gizi buruk tersebut, Rabu (24 /2/2016).

Salah satu pasien penderita gizi buruk adalah Ainur. Balita berusia tiga tahun ini harus dirawat di Rumah Sakit Umum dokter Koesnadi Bondowoso karena menderita komplikasi berbagai penyakit.

Akibat kondisi gizi buruk yang dialaminya. Bocah ini pun sulit melakukan pernafasan hingga harus dibantu menggunakan tabung oksigen di ruangan isolasi perawatan anak rumah sakit tersebut.

Ainur putra pasangan suami istri Titin dan Hariono, warga Desa Cermee, Bondowoso ini diduga menderita gizi buruk akibat kekurangan mendapat asupan gizi karena faktor kemiskinan.

Orangtua Ainur, Hariono hanyalah buruh tani sejak lahir akibat kemiskinan balita ini tidak mendapat asupan gizi cukup. Sehingga derita gizi buruk yang dialami Ainur kondisinya sudah akut.

Kadinkes Bondowoso M Imron menyatakan, berdasarkan data Dinas Kesehatan Bondowoso sejak Agustus 2015 hingga awal Februari 2016 ini terdapat 113 anak yang mengalami gizi buruk dan balita gizi kurang sebanyak 626 orang.

Tingginya angka gizi buruk selain disebabkan karena faktor ekonomi juga pengetahuan ibu yang memberi asupan gizi juga minim.

“Untuk menangani penderita balita gizi buruk dinas kesehatan saat ini membuka posko atau shelter pemulihan gizi terhadap anak,” katanya, Rabu (24/2/2016).
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.1134 seconds (0.1#10.140)