Gubernur Jabar Ingatkan Kepala Daerah yang Dilantik Jaga Kemesraan

Rabu, 17 Februari 2016 - 13:49 WIB
Gubernur Jabar Ingatkan Kepala Daerah yang Dilantik Jaga Kemesraan
Gubernur Jabar Ingatkan Kepala Daerah yang Dilantik Jaga Kemesraan
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), mengingatkan enam pasangan kepala daerah yang baru dilantik untuk menjaga kemesraan. Dalam kurun lima tahun, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota harus harmonis.

Menurutnya, kepala daerah dan wakilnya harus jadi satu kesatuan yang utuh untuk membawa daerah lebih maju dalam berbagai hal. Dia ingin kepala daerah dan wakilnya mengusung konsep dwitunggal atau dua orang dengan satu tujuan.

"Dengan semangat kepemimpinan baru, para kepala daerah harus tetap jadi dwitunggal yang saling memperkuat dan saling melengkapi," kata Aher usai melantik enam pasangan kepala daerah di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Rabu (17/2/2016).

Dalam menjalankan tugas, kepala daerah dan wakilnya sering ada yang berseberangan ketika menjabat. Mereka hanya kompak saat kampanye tapi hubungannya buruk saat menjabat.

"Biasanya ada masalah itu karena pacorok (tidak sinkron), karena tidak sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi) masing-masing," ungkapnya.

Artinya, kepala daerah harus menjalankan tugasnya sebagai kepala daerah. Sedangkan wakilnya, jangan melangkahi tugas dan kewenangan kepala daerah.

"Jika masing-masing kepala daerah merasa jadi kepala daerah, wakil kepala daerah merasa jadi wakil kepala daerah, maka akan terwujud dwitunggal," jelas Aher.

Selain berpesan kekompakkan, dia juga berpesan banyak hal pada seluruh kepala daerah yang baru terpilih. Salah satunya, dia meminta mereka rajin turun ke masyarakat untuk mendengar aspirasi dan melihat sejauh mana efektivitas program pemerintah.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7551 seconds (0.1#10.140)