Siswa SMA 1 Belopa Tuntut Kepala Sekolah Mundur

Senin, 15 Februari 2016 - 21:01 WIB
Siswa SMA 1 Belopa Tuntut Kepala Sekolah Mundur
Siswa SMA 1 Belopa Tuntut Kepala Sekolah Mundur
A A A
BELOPA - Ratusan siswa SMAN 1 Belopa Kabupaten Luwu melakukan aksi unjuk rasa di sekolah mereka dan mendatangi kantor Dinas Pendidikan serta gedung DPRD Kabupaten Luwu, di Belopa, Senin, (15/2/2016).

Dalam aksi ini ratusan pelajar laki-laki dan perempuan menuntut pencopotan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Belopa, Sahrun Zakaria karena dianggap gagal dalam memimpin sekolah mereka.

Prayogi, koordinator lapangan mengatakan, gagalnya Sahru Zakaria dalam memimpin SMA Negeri 1 Belopa sebagai kepala sekolah didasarkan banyaknya indikator, di antaranya penggunaan anggaran yang tidak transparan.

kemudian prestasi siswa SMAN 1 Belopa menurun drastis, serta adanya tindakan yang tidak etis yang dilakukan kepala sekolah kepada beberapa siswa dan guru.

"Termasuk adanya pungutan liar yang bersifat memeras pada siswa yang dilakukan kepala sekolah saat penerimaan siswa baru sebesar Rp500 ribu," ujar Parayogi ditemui saat menggelar aksi kemarin.

Jika tuntutan mereka tidak dipenuhi, Yogi memastikan, seluruh siswa SMAN 1 Belopa yang berjumlah 1.300 orang siswa akan mogok. "Selain akan mogok belajar, kami juga akan menyegel sekolah," ancam sejumlah siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu, Andi Pahri, berjanji akan memanggil Kepala sekolah SMAN 1 Belopa, dia juga akan melaporkan tuntutan siswa tersebut ke Bupati Luwu.

"Mohon bersabar, pencopotan pejabat itu ada mekanismenya, tidak bisa instan, kami berjanji akan segeta proses tuntutan anak-anaku semua," kata Andi Pahri.

Pantauan di lapangan, selain siswa SMA Negeri 1 Belopa, terlihat juga sejumlah ibu-ibu berada dalam barisan massa pendemo. Informasi menyebutkan mereka adalah pemilik kantin sekolah di SMA Negeri 1 Belopa.

Ikut sertanya mereka dalam aksi ditengarai adanya keberatan mereka pemilik kantin atas pungutan oleh pihak sekolah sebesar Rp20ribu perhari.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9339 seconds (0.1#10.140)