Tim Penjinak Bom Sterilkan Gereja di Kulonprogo

Kamis, 24 Desember 2015 - 13:27 WIB
Tim Penjinak Bom Sterilkan Gereja di Kulonprogo
Tim Penjinak Bom Sterilkan Gereja di Kulonprogo
A A A
KULONPROGO - Tim Gegana dari Satbrimobda Polda DIY, melakukan sterilisasi gereja-gereja besar yang ada di Kulonprogo. Mereka menerjunkan tim penjinak bom (jibom) dengan dilengkapi beberapa alat pelacak.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Kulonprogo Kompol Dwi Prasetyo, mengatakan ada tiga besar yang menjadi sasaran sterilisasi gereja. Yakni gereja Katholik Santa Maria Bunda Penasehat Baik, Wates, GKJ Wates dan Gereja Nanggulan.

“Sasarannya sterilisasi ini untuk gereja dengan jumlah jamaat yang besar,” jelas Dwi, Kamis (24/12/2015).

Sterilisasi ini, kata dia, merupakan salah satu upaya untuk menjaga kenyamanan para jemaat dalam melaksanakan ibadah dan peringatan Natal.

Begitu sterilisasi selesai, pengamanan diserahkan kepada panitia dengan tetap menerjunkan polisi selama 24 jam.

Di Kulonprogo sendiri ada 34 gereja, yang akan diamankan. Pengamanan dilakukan oleh polisi dengan melibatkan petugas di Polsek, bekerjasama dengan TNI.

“Kita juga membangun pos pengamanan diantara dua gereja di Wates. Jadi kita akan pantau selama 24 jam nonstop,” terangnya.

Ketua Panitia Natal Gereja Katholik Wates, Y Slamet Budi Raharjo menyambut baik upaya polisi dalam melakukan penyisiran dan sterilisasi gereja. Cara seperi itu juga sudah dilakukan rutin seteiap tahun.

“Kita sambut baik, meskipun secara umum kondisi keamanan cukup kondusif,” tuturnya.

Pada perayaan natal, panitia juga telah membentuk tim keamaman. Biasanya ada bantuan dari luar jemaat yang ikut dalam mengamankan pelaksanaan natal.

Biasanya dari Sentra Komunikasi (Senkom) dan juga Banser. “Mereka selalu ikut membantu pengamanan,” jelasnya.

Sterilisasi kemarin dilakukan dengan melakukan penyisiran. Tidak hanya menggunakan metal detector, tim juga mengawasi seluruh ruangan dengan cermin kaca cembung dan peralatan pendukung keamanan lainnya.

Tidak hanya ruang utama, petugas dari Brimob juga menyisir lingkungan di komplek gereja. Termasuk beberapa bangunan pendukung gereja juga tidak luput dalam pengamanan.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9886 seconds (0.1#10.140)