Ini Video Amatir Menjelang Jatuhnya Pesawat T50i

Minggu, 20 Desember 2015 - 16:14 WIB
Ini Video Amatir Menjelang Jatuhnya Pesawat T50i
Ini Video Amatir Menjelang Jatuhnya Pesawat T50i
A A A
YOGYAKARTA - Pagelaran Gebyar Dirgantara Yogyakarta 2015 menimbulkan insiden tak terduga. Sebuah pesawat jenis T50i milik Angkatan Udara jatuh setelah melakukan putaran aerobatik di atas Lanud Adisutjipto.

Melalui video amatir yang diunggah melalui situs youtube oleh Dapur Syifa, awalnya para penonton tak menyadari kalau pesawat tersebut terjatuh. Karena saat pesawat melakukan manuver dan menghilang dari gambar video nampak sejumlah pengunjung Gebyar Dirgantara Yogyakarta 2015 bertepuk tangan.

Saat itu pesawat latih untuk pilot pesawat tempur F-16 dan F-15 itu sedang melakukan manuver berputar sebanyak tiga kali. Namun di manuver ketiganya, pesawat seperti kehilangan kendali dan langsung menghujam bumi.

Pada detik ke-24, pesawat tersebut jatuh ke tanah dan tidak nampak lagi di layar video yang direkam oleh salah satu pengunjung. Melalui pengeras suara, penyelenggara acara nampaknya juga belum menyadari insiden tersebut. (Baca: Pesawat Tempur Jatuh di Adisutjipto, Pilot Tewas)

Baru di detik ke-37 nampak asap hitam membumbung dari lokasi jatuhnya pesawat tersebut. Disini, baru pembawa acara menyadari adanya kecelakaan dalam pagelaran tersebut.

Sebelumnya diberitakan, sebuah pesawat tempur jatuh di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta. Beberapa warga bersaksi melihat pesawat tersebut seperti mengalami mesin mati dan melayang-layang di udara.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Agus Supriatna mengatakan, pilot pesawat tidak sempat keluar dari pesawat saat peristiwa nahas itu terjadi.

"Korban sementara pilot. Dia tidak sempat loncat saat pesawat jatuh, kemungkinan meninggal," ujar Kasau Marsekal TNI Agus.

(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7610 seconds (0.1#10.140)