Sempat Bunuh Diri, Penderita HIV Wakili Timnas ke Brazil

Rabu, 02 Desember 2015 - 16:55 WIB
Sempat Bunuh Diri, Penderita HIV Wakili Timnas ke Brazil
Sempat Bunuh Diri, Penderita HIV Wakili Timnas ke Brazil
A A A
BANDUNG - Jadi orang dengan HIV/AIDS (ODHA) tidak membuat sosok Gim Gim Sofyan (35) minder. Pria yang akrab disapa Bogiem itu tetap menjalani segudang ativitasnya.

Salah satu kesibukannya adalah menjadi bagian dari Rumah Cemara, organisasi berbasis komunitas yang fokus terhadap edukasi dan penanggulangan HIV/AIDS. Dia fokus memberikan pengetahuan terhadap masyarakat seputar HIV/AIDS.

Tapi dia sempat berada dalam ketidakpercayaan diri saat awal-awal tahu dia terinfesi HIV/AIDS pada 2005. Dia bahkan sempat berusaha bunuh diri. "Setelah ketahuan positif, saya sempat berusaha bunuh diri," kata Bogiem, Rabu (2/12/2015).

Dia mengambil alkohol 70% dan mencampurnya dengan minuman lain. Tak cukup sampai di situ, dia kemudian mengisap ganja, minum-minuman beralkohol, hingga menggunakan beberapa jenis narkoba.

"Disitu saya over dosis dan dirawat di rumah sakit. Waktu itu saya berharap mati, tapi kok enggak mati-mati," tuturnya.

Setelah keluar dari rumah sakit, Bogiem semakin larut dalam keterpurukan. Selama berbulan-bulan dia semakin akrab dengan minuman beralkohol dan narkoba.

Dia pun baru bangkit ketika bertemu sosok Ginan Koesmayadi yang juga ODHA. Saat itu, Bogiem berpikir bahwa ODHA hanya punya sedikit waktu untuk hidup. Tapi nyatanya, Ginan ternyata bisa hidup lama meski sudah lama positif HIV.

Diakui Bogiem, Ginan-lah yang memberikan semangat dan membangkitkan gairah hidupnya. Dia pun berusaha menjadi orang yang bermanfaat, meski kini berstatus ODHA.

Beragam kegiatan dilakukan. Salah satunya menjadi pemain Timnas Indonesia di ajang Homeless World Cup di Brasil beberapa tahun lalu. Bahkan pada 2015 ini, dia menjadi pelatih timnas dan berhasil membawa Indonesia menempati peringkat 17 dunia.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7687 seconds (0.1#10.140)
pixels