Fly Over Segera Dibuka, Simpang Palur Bakal Bebas Macet

Rabu, 02 Desember 2015 - 07:17 WIB
Fly Over Segera Dibuka, Simpang Palur Bakal Bebas Macet
Fly Over Segera Dibuka, Simpang Palur Bakal Bebas Macet
A A A
KARANGANYAR - Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaam Umum Bakal lakukan uji coba Fly Over Palur dalam waktu dekat. Uji coba dilakukan sebelum jalan layang itu dioperasikan penuh untuk umum.

Pengawas proyek dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kartasura-Surakarta, Satijo mengatakan saat ini proyek Fly Over tersebut sudah rampung dikerjakan.

Proyek fisik besar sudah selesai sejak beberapa waktu lalu, pengaspalan bagian atas Fly Over sudah selesai dilakukan.

Saat ini pelaksana tinggal melakukan finishing, seperti pembuatan pagar dan juga pemberian lampu penerangan di sepanjang Fly Over.

"Kalau pengerjaan fisik utama sudah selesai, pekerjaan yang tersisa tinggal aksesoris dan itu semua menjadi tanggung jawab dari pelaksana proyek," ucapnya.

Ia mengatakan tahapan selanjutnya adalah uji coba Fly Over tersebut agar bisa dilewati oleh penggun jalan. Uji coba dilakukan sebelum jalan yang dibiayai oleh Pemerintah pusat itu dibuka sepenuhnya untuk umum.

Meski demikian, pihaknya belum bisa menentukan kapan uji coba itu dilakukan. Menurutnya hal itu masih menunggu koordinasi dari beberapa pihak terkait.

Hal itu penting dilakukan untuk keamanan dan keselamatan para pengguna jalan. Yang jelas kata dia, Fly Over itu benar-benar dibuka untuk umum sebelum akhir tahun ini.

Dengan seperti itu nantinya Fly Over bisa mengurai kepadatan lalu lintas saat Arus Mudik Hari Raya Natal dan Tahun Baru mendatang.

Apalagi diketahui fly over itu berada di ruas Jalan Nasional Solo-Surabaya lalu lintasnya selalu ramai setiap harinya.

Perlu diketahui akhir pekan lalu, Fly Over tersebut sempat dibuka untuk umum beberapa saat.

Hal itu dilakukan karena saat itu arus lalu lintas di simpang palur cukup padat. Sehingga dibukanya jalur itu merupakan solusi yang baik untuk mengurai arus lalu lintas.

Sementara itu para pengguna jalan berharap pembukaan jalur tersebut dipercepat. Pasalnya masyarakat sudah bosan dengan kemacetan yang selalu terjadi di simpang palur.

Jika jalur tersebut dibuka, maka ancaman kemacetan yang terjadi di jam-jam sibuk tdiak akan terulang lagi.

"Saat pagi hari jam masuk kerja atau sore hari, simpang Palur selalu macet, kondisi itu diperparah jika ada kereta yang melintas," ucapnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8632 seconds (0.1#10.140)