Ribuan Peserta Kongres HMI Batal Dipulangkan

Minggu, 29 November 2015 - 10:04 WIB
Ribuan Peserta Kongres HMI Batal Dipulangkan
Ribuan Peserta Kongres HMI Batal Dipulangkan
A A A
PEKANBARU - Sekitar 1500 peserta Kongres HMI yang sebagian besar adalah "rombangan liar" atau dikenal Romli batal dipulangkan ke daerah masing-masing.

Batalnya kepulangan peserta Romli yang sebagian besar dari Sulawesi ini disebabkan karena terkendala oleh sarana tranportasi.

"Kita mendapat laporan dari pihak panitia kalau rencana pemulangan seribuan anggota HMI hari ini dibatalkan," ucap Waka Polretsa Pekanbaru AKBP Sugeng Putut Wicaksono, Sabtu 28 November 2015.

Pihak pantia menjelaskan kalau batalnya pemulangan disebabkan oleh tranportasi bus tidak memadai untuk mengangkut seluruh peserta. Sore hingga malam kemarin yang ada hanya dua bus saja.

"Seharusnya akan menggunakan 10 bus secara bertahap. Namun yang ada baru dua. Rencananya Senin 30 Noveber 2015 mereka baru bisa dipulangkan," ucapnya.

Saat ini pihak panitia sedang melakukan lobi untuk mencari penambahan bus. Direncanakan pada Senin depan akan ada 22 bus yang mengangkut mereka.

Bus itu nantinya akan dibawa ke Kota Dumai, Riau. Jarak dari Pekanbaru ke Dumai akan memakan waktu paling lama 6 jam. Setelah itu mereka akan dinaikan dengan menggunakan kapal perang.

"Rencananya mereka akan diangkut menggunakan Kapal TNI AL Kota Dumai untuk dipulangkan ke daerah asal," tukasnya.

Kongres HMI di Pekanbaru seharusnya berlangsung dari 22 sampai 26 November. Namun karena ada beberapa kendala termasuk banyak kericuhan, kongres terpaksa diperpanjang hingga 28 November.

Sekitar 1500 Romli HMI selama ini menginap disejumlah tempat seperti Purna MTQ Pekanbaru, dan sejumlah kampus di Pekanbaru.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3256 seconds (0.1#10.140)