Gua Napalicin, Objek Wisata yang Terlupakan

Kamis, 05 November 2015 - 06:00 WIB
Gua Napalicin, Objek Wisata yang Terlupakan
Gua Napalicin, Objek Wisata yang Terlupakan
A A A
RUPIT - Gua Napalicin, objek wisata di Desa Napalicin, Kelurahan Muara Kulam, Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan, sudah terlupakan. Objek wisata yang mendunia tersebut sepi dari kunjungan wisatawan dan tidak terawat.

Sobrin (45), warga ‎Desa Napalicin mengatakan, jangankan wisatawan dari luar negeri, wisatawan domestik pun tidak ada lagi yang datang ke Gua Napalicin.

"Dahulu orang Belanda saja masih ada datang. Tetapi sekarang warga asli Muratara saja tidak ada yang datang. Padahal Gua Napalicin sudah mendunia namanya,' tegas Sobrin kepada KORAN SINDO PALEMBANG, Rabu (4/11/2015).

Menurut dia, sebelumnya akses jalan ke lokasi Gua Napalicin tidak representatif. Tetapi sekarang akses jalan sudah diaspal. Namun, lokasi objek wisata yang ada tidak berubah.

Padahal, objek wisata Gua Napalicin dahulu terkenal dan ada bangunan-bangunan yang menarik minat pengunjung. "Seharusnya pemerintah membuat terobosan untuk objek wisata ini. Sehingga, geliat ekonomi masyarakat cepat bangkit," jelas dia.

Dia menambahkan, tanda lokasi Gua Napalicin saja tidak ada. "Kita harapkan pemerintah segera melakukan pembenahan untuk objek wisata yang ada. Karena di Kecamatan ‎Ulu Rawas banyak terdapat objek wisata yang belum tersentuh pembangunan," ujar Sobrin.

Gua Napalicin, Objek Wisata yang Terlupakan


Sementara itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muratara Hasran Akwa mengatakan, sebagai kabupaten baru memang masih banyak kekurangan yang harus dikejar. Sehingga, diharapkan eksekutif melakukan terobosan inovatif dan kreatif melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mengembangkan sektor-sektor yang mengangkat ekonomi masyarakat.

"Kalau untuk objek wisata memang menelan dana yang besar untuk pengelolaannya. Tetapi, ada terobosan mengundang investor sehingga objek wisata di Muratara muncul dan maju pesat untuk tumbuhnya ekonomi masyarakat," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3516 seconds (0.1#10.140)