Anak Bernama Asep Akan Diberi Beasiswa

Rabu, 21 Oktober 2015 - 15:36 WIB
Anak Bernama Asep Akan...
Anak Bernama Asep Akan Diberi Beasiswa
A A A
BANDUNG - Paguyuban Asep yang merupakan kumpulan orang-orang bernama Asep berencana memberikan beasiswa bagi anak bernama Asep. Tujuannya agar nama Asep tetap lestari dan orangtua tak gengsi memberikan nama tersebut.

Asep Tutuy Turyana, pengurus Paguyuban Asep, menyebut saat ini sudah sangat jarang orangtua yang memberikan nama Asep pada anaknya. Kalaupun ada, mayoritas nama Asep diberikan pada anak di era 1990-an.

Nama Asep seolah tak lagi seksi untuk dipakai. Orangtua saat ini lebih memilih nama berbau kebarat-baratan atau Arab yang dinilai lebih modern. "Kita berencana memberikan beasiswa pendidikan bagi anak bernama Asep yang lahir mulai tahun ini," kata Asep di Bandung, Rabu (21/10/2015).

Hal itu diharapkan dapat memancing para orangtua memberikan nama Asep yang selama ini identik dengan nama orang Sunda. Asep sendiri berasal dari kata kasep atau tampan dalam bahasa Indonesia.

Ada juga beberapa makna lain di balik nama Asep. "Asep itu merupakan nama warisan budaya khas Sunda walaupun di daerah lain di Indonesia juga ada nama Asep," ungkapnya.

Lewat kegiatan Konperensi Asep Asep yang akan digelar Minggu (25/10/2015), para pemilik nama Asep diharapkan memiliki kebanggaan dengan namanya. Sebab, Asep bukan nama yang kampungan. Asep punya banyak makna positif.

"Beberapa orang yang bernama Asep ada yang malu dengan namanya. Lewat kegiatan ini kita ingin membangkitkan kebanggaan orang-orang bernama Asep," jelasnya.

Asep menambahkan, beasiswa bagi pemilik nama Asep itu akan berasal dari Paguyuban Asep. Nantinya, Paguyuban Asep yang baru terbentuk 1 Agustus 2010 akan mencari dana dengan berbagai kegiatan demi memenuhi program tersebut.

PILIHAN:
Massa Bersenjata Parang Mengamuk, Pipa Air Bersih Dirusak
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2241 seconds (0.1#10.140)