Pencarian Helikopter Angkasa Semesta Dihentikan

Selasa, 20 Oktober 2015 - 19:43 WIB
Pencarian Helikopter Angkasa Semesta Dihentikan
Pencarian Helikopter Angkasa Semesta Dihentikan
A A A
SAMOSIR - Terhitung sejak Selasa (20/10/2015), pencarian helikopter PT Penerbangan Angkasa Semesta yang hilang di kawasan Danau Toba, Samosir, Sumatera Utara (Sumut) dihentikan. Penghentian pencarian tersebut sesuai ketentuan UU Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan.

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Samosir AKBP Eko Suprihanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan pencarian ke beberapa lokasi yang diduga kuat sebagai lokasi jatuhnya helikopter itu. Namun, hingga hari ketujuh yakni Sabtu (17/10/2015) tidak ditemukan apa pun. Karena itu pihaknya melakukan penambahan tiga hari pencarian dan tidak juga membuahkan hasil.

"Kita sudah melakukan pencarian dengan sangat maksimal dan meluas. Namun upaya kita tidak membuahkan hasil. Karena itu secara otomatis kita menghentikan pencarian sesuai dengan undang-undang yang menjadi dasar kerja penanggulangan bencana," terangnya kepada KORAN
SINDO MEDAN
, Selasa (20/10/2015) di Samosir.

Tim gabungan pencarian Helikopter jenis EC130 PK-BKA milik PT Penerbangan Angkasa Semesta (PAS) telah melakukan berbagai upaya, termasuk dengan menurunkan robot bawah air untuk mencari keberadaan bangkai pesawat.

Namun, hingga hari terakhir, tim gabungan meliputi TNI, Polri dan Basarnas tidak menemukan apa pun. "Total yang kita temukan selama sepulu hari adalah dua jok helikopter, sepatu salah seorang penumpang, dan penumpang yang selamat setelah mengapung dua hari di atas danau," jelasnya.

Eko menambahkan bahwa pencarian dapat dilanjutkan apabila perusahaan pemilik helikopter mengajukan permohonan secara tertulis. Namun, jumlah personel tidak akan sebanyak saat tujuh hari pertama pencarian.

Helikopter yang membawa tiga penumpang serta satu orang pilot dan satu orang kru tersebut dinyatakan hilang setelah putus kontak pada Hari Minggu (11/10/2015) sekitar pukul 11.30 WIB.

Seorang penumpang yakni Fransiskus Subihardiyan berhasil ditemukaan saat mengapung di danau. Sementara, dua kru dan dua penumpang serta bangkai heli belum ditemukan.

PILIHAN:

Adik Kiper Inggris Ini Ikut Audisi Duta Humas Polda Sulsel
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5713 seconds (0.1#10.140)