Pencari Rongsokan Temukan Bom di Sungai Ogan

Selasa, 20 Oktober 2015 - 15:21 WIB
Pencari Rongsokan Temukan Bom di Sungai Ogan
Pencari Rongsokan Temukan Bom di Sungai Ogan
A A A
BATURAJA - Sebuah benda diduga bom yang masih aktif dan sejumlah amunisi ditemukan warga saat mencari rongsokan di Sungai Ogan, Baturaja Timur.

Warga yang menemukan bom tersebut adalah Jeni (25) dan Beni (30), warga Lorong Cemara, Baturaja. Keduanya memang berprofesi sebagai pengumpul barang bekas.

Barang-barang temuan berbahaya itu selanjutnya dibawa kepada RT setempat, yang selanjutnya diamankan oleh aparat TNI dari satuan Bengkel Lapangan (Benglap).
Tampak di lokasi Kapten CPL Ramaizir Paur Renza Rig Pal Benglap Baturaja dan Danramil 12 Baturaja Kapten Inf Surasa beserta anggota dan pihak kepolisian mengamankan lokasi dan barang temuan tersebut.

"Kami mencari besi bekas seperti biasa. Tahu-tahu ada benda ini. Kami sangat kaget, karena takut kalu meledak karena bentuknya masih utuh," ucap Jeni.

Kapten CPL Ramaizir, menyebutkan bahwa satu buah bom dan 3 butir amunisi itu semuanya masih aktif.

"Amunisi yang ditemukan diantaranya 2 butir peluru FN kaliber 9 milimeter, dan 1 buru peluru LE (jenis senjata lama) kaliber 7,62 milimeter," sebutnya.

Sedangkan bom itu sendiri kata dia, merupakan peninggalan jaman Belanda, yang khusus dijatuhkan dari pesawat.

Meski demikian, dirinya tidak bisa menduga apakah bom memang sengaja dibuang atau terbuang, atau apakah memang dulunya dijatuhkan dari pesawat tapi tidak meledak. "Yang jelas jika meledak, bom ini lebih kuat dari pada granat," pugkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2164 seconds (0.1#10.140)