Tarekat Syattariyah Sumbar Tetapkan Idul Adha 25 September

Sabtu, 19 September 2015 - 12:09 WIB
Tarekat Syattariyah Sumbar Tetapkan Idul Adha 25 September
Tarekat Syattariyah Sumbar Tetapkan Idul Adha 25 September
A A A
PADANG - Terekat Syattariyah pengikut Syekh Burhanudin, Ulakan Tapakis, Sumatera Barat (Sumbar) menetapkan hari Hari Raya Idul Adha jatuh pada 25 September 2015.

Metode perhitungan penetapan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban dilakukan melalui metode hisab takwim khamsiah yang telah diajarkan secara turun-temurun dari ulama-ulama terdahulu, tanpa melihat hilal atau bulan.

"Sesuai degan penghitungan kita Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriah jatuhnya pada Jumat, 25 September mendatang," tutur Qhadi (guru) Ulakan Tapakis, Tuanku Ali Imran, Sabtu (19/9/2015).

Rencanya untuk Salat Idul Adha, kata Tuanku Ali mengatakan, akan dipusatkan di Padang Pariaman, di kawasan makam dan Masjid Syekh Burhanuddin di Kecamatan Ulakan Tapakis.

Setelah Salat, langsung dilakukan penyembelihan hewan kurban. "Yang kurban belum tahu pasti jumlahnya," ujarnya.

Jamaah Syattariyah di Sumbar tersebar di sejumlah daerah, seperti Kabupaten Pesisir Selatan, Sijunjung, Batusangkar, Solok dan Kota Padang.

Selain di Padang Pariaman, Salat Idul Adha juga dilakukan di berbagai Surau (Musala), seperti di Kota Padang, yakni di kawasan Padangsarai dan Kapalo Koto, Kecamatan Pauh.

Sementara Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbar Syamsul Bahri Khatib mempersilahkan umat muslim menentukan jadwal Idul Adha dengan syarat sesuai dengan ajaran Alquran dan hadist rasul.

"Silahkan tentukan jadwal Idul Adha selagi tidak melenceng dari ajaran Alquran, sebab saat ini belum mendapatkan metode tepat, bulan lalu kita mengadakan pertemuan MUI se-Indonesia untuk menetapkan metode penentuan hari raya, tapi tidak ada titik temu," katanya.

"Yang penting bagi umat muslim lainnya jangan menganggu saudara lainya melaksanakan dan merayakan Idul Adha yang berbeda jadwal penetapannya," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8776 seconds (0.1#10.140)