Angkat Citra Jurnalis, PWI Gelar Jalan Santai

Senin, 14 September 2015 - 10:55 WIB
Angkat Citra Jurnalis, PWI Gelar Jalan Santai
Angkat Citra Jurnalis, PWI Gelar Jalan Santai
A A A
KUNINGAN - Masyarakat dari berbagai kalangan mulai dari pelajar, guru, organisasi kemasyarakatan, pemuda, hingga birokrat berbaur bersama para jurnalis dalam lomba gerak jalan santai ceria yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kuningan, kemarin.

Acara yang digelar di area car free day tersebut dibuka langsung Bupati Kuningan Utje Ch Su ganda yang ditandai dengan pe ngibaran bendera start. Lom ba gerak jalan santai ceria tersebut mengambil rute Jalan Siliwangi-Perempatan Citamba-Jalan Pra muka dan finish di Lapangan Pan dapa Paramartha Kompleks Stadion Mas’ud Wisnu Saputra.

“Acara diikuti 25.300 peserta. Kami menyediakan hadiah berupa sepeda motor, kulkas, sepeda gunung, televisi, mesin cuci, rice cooker, pakaian dari butik, peralatan olahraga, vouc her menginap gratis di hotel ber bintang, serta puluhan ha - diah hiburan lainnya. Hadiah hadiah tersebut berasal dari PHBN, sponsor, serta pihakpihak yang peduli terhadap kemajuan jur-nalis di Kota Kuda ini,” terang Ketua PWI Kabu - paten Kuningan Iyan Irwandi di sela-sela lomba.

Iyan melanjutkan, kegiatan bertemakan Jurnalis Sahabat Masyarakat ini bertujuan un - tuk mendekatkan para jurna lis me dia cetak dan elektronik de - ngan masyarakat umum. “Karena tidak bisa di pung - kiri, ber kaitan dengan kebe - basan pers, banyak media ber - mun cul an. Ironisnya, mereka merekrut para awak media atau warta wan nya secara asal-asalan,” katanya.

Kondisi ini, lanjut Iyan, ber - dampak sangat negatif. Sebab, dengan sumber daya manusia yang terbatas dan kurangnya ke mampuan dan pemahaman jur nalistik, menjadikan mereka tidak berpegang pada kode etik war tawan Indonesia dan Un - dang-Undang Pers dalam menja lankan aktivitasnya, sehingga tidak sedikit pula yang malah membuat masyarakat resah.

“Menyikapi hal itu, PWI Ka - bupaten Kuningan berusaha mengangkat kembali citra jur - nalis melalui program-program kerja, dalam upaya peningkat - an kualitas wartawan, baik me - la lui safari jurnalistik mau pun uji kom petensi wartawan. Dan aca ra jalan santai ceria gratis ini, me rupakan salah satu sarana menyosialisasikan hal ter se - but,” tutur Iyan.

Yudi r sudirman
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6461 seconds (0.1#10.140)