Harno Minta Restu Orang Tua

Jum'at, 11 September 2015 - 10:31 WIB
Harno Minta Restu Orang Tua
Harno Minta Restu Orang Tua
A A A
PALEMBANG - Tiada kesuksesan tanpa restu orang tua. Hal itu yang sepertinya ditampakkan Harnojoyo seusai dilantik Gubernur Sumsel Alex Noerdin sebagai Wali Kota Palembang di Graha Bina Praja, Pemprov Sumsel, kemarin.

Sesaat setelah prosesi pelan - tikan usai, dan gubernur me - ning galkan Graha Bina Praja, Har nojoyo langsung beranjak dari kursinya mendatangi jejer - an kursi tempat kedua orang tua dan mertua, dan anaknya ber - ada. Dengan posisi sete ngah berjongkok, Harnojo yo me - raih tangan ayahnya H Syafril. Sesaat kemudian pria kela - hiran Tanjung Sakti, 18 Septem - ber 1967 itu mencium tangan sang ayah yang tampak memba - wa sebuah tongkat.

Mantan Ke - tua DPRD Kota Palembang itu lalu beranjak beberapa detik ke - mudian dan mencium H Syafril yangtampakmengena kansete lan jas dan kopiah berwarna hitam. Tindakan yang sama dilaku - kan suami Hj Selviana itu kepada sang ibu Hj Ruhinah dan mertua - nya Hj Harlena yang kemarin kom pak mengenakan baju ber - warna biru dipadu kain dan selen - dang songket.

Saat prosesi pelan - tikan berlangsung, kedua orang tua, mertua dan anak Harnojoyo du duk persis di belakang kursi sang wali kota dan istrinya. H Syafril, ayah Harnojoyo me - ngaku sangat bahagia melihat anak nya dilantik sebagai Wali Ko ta Pa lembang. Sebelumnya Syaf ril dankeluarganyatidakpernahmem - bayangkan jika Harnojoyo bakal menjadi pejabat. Sebab da lam ke - sehariannya, anakperta madari tu - juh orang bersaudara tersebut me - rupakan sosok yang biasa saja.

“Kita tidak terbayangkan (Har - nojoyo bakal menjadi wali kota) waktu di kampung dahulu. Dahulu Harnojoyo di Lampung selesaikan kuliahnya, setelah berkeluarga baru ke Palembang,” ujar Syafril. Dengan dilantiknya Harnojo - yo tersebut, Syafril berharap agar anaknya tersebut menjadi pim - pin an yang baik, berguna bagi ma - sya rakat, mengayomi bawahan - nya dan disayang atasannya.

Tancap Gas


Sementara itu saat melantik Harnojoyo, Gubernur Sumsel Alex Noerdin Alex berpesan agar langsung tancap gas dalam me - mimpin pemerintahan dan pem - ba ngunan di Palembang. Sebab, tantangan di ibu kota Sumsel itu ki an hari kian kompleks, sehing - ga membutuhkan kerja keras. “Provinsi Sumsel bukanlah provinsi sembarangan, karena Sumsel memiliki semangat yang kuat dari daerah lain. Oleh karena itu, kita perlu bersatu untuk mem - bangun Palembang dan Sum sel,” kata Alex.

Di sela pidatonya, Alex sempat bercanda yang menyatakan bah - wa bisul selama ini telah pecah. Terlepas dari kontroversinya, me - nurut Alex pelantikan Harnojoyo sebagai Wali Kota Palembang se - suai aturan yang ada. Setelah dilantik, Alex memin ta agar Harnojoyo menuntaskan se - lu ruh persoalan yang ada di Palem - bang.

Seperti persoalan pembe - basan lahan Musi III, Musi IV dan lainnya. Harnojoyo juga ha rus me – lakukan konsolidasi de ngan semua pihak. “Sebab, sela ma ini banyak sekali kutub atau kubu-kubu. Un - tuk itu harus disa tu kan untuk membangun kota Palembang,” kata Alex mengingatkan.

Alex berpesan agar Harnojoyo harus fokus menyelesaikan ma - sa lah kota terutama dalam per - siap an Palembang menjadi tuan rumah Asian Games 2018 men da - tang. Harnojoyo juga harus men - jadikan Palembang hijau dan ber - sih. “Wajibkan tiap rumah tanam po hon. Seperti di wilayah Lapa ngan Hatta banyak lahan dicor be ton semua. Harusnya ada penghi jau - an. Untuk itu terapkan perda ko ta yang ada,” Ketua DPD Golkar Pro - vinsi Sumsel tersebut berpesan.

Alex juga terus memacu se - mangat Harnojoyo agar lebih total untuk membangun kota Pa - lembang. “Posisi Wali Kota Pa - lem bang menjadi posisi kun - ci. Masuk Sumsel yang dilihat pertama kali adalah palembang,” ujar Alex. Mendengar pidato sang gubernur, Harnojoyo sempat beberapa kali memberi hormat dalam posisi duduk.

Menanggapi permintaan Gubernur Sumsel, Harnojoyo me negaskan dirinya akan fokus membenahi kota Palembang ter - ma suk untuk persiapan Palem - bang menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Dia juga berjanji enyelesaikan pembebasan lahan yang masih terkendala, dan me - nang gulangi banjir dengan mem - benahi drainase yang tidak ber - fungsi baik. “Dengan Palembang jadi tuan rumah Asian Games 2018 tentu banyak pemba ngun - an. Dan ini bisa memengaruhi ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Wakil Wali Kota Dilantik 30 Hari Lagi

Setelah Harnojoyo dilantik sebagai wali kota, posisi Wakil Wali Kota Palembang lowong. Posisi pendamping Harnojoyo itu di pastikan bakal terisi paling lam - bat dalam 30 hari ke depan. “Semenjak wali kota dilantik, ber dasarkan ketentuan UU 23/2014 yang diubah menjadi UU 9/2015 tentang pemerintahan dae rah, wa kil wali kota (Palem - bang) sudah ha rus dilantik,” ujar Kepala Biro Oto nomi Daerah (Ot - da) Sum sel Amsin.

Wali Kota Palembang berhak mengusulkan dua nama calon wakil wali kota yang bakal men - dampinginya. Kedua calon itu bi - sa berasal dari kader partai politik yang mengusung dan mendu - kung Harnojoyo pada pilkada Kota Palembang 2013 lalu atau kalangan birokrat. “Bisa dari kader partai atau birokrat namun tetap diusulkan partai peng - usung,” jelas Amsin.

Ditemui di tempat yang sama, Harnojoyo menyatakan masih me nunggu nama yang akan di - calonkan untuk mendampingi - nya dari partai pengusung dan pendukung. “Kita tunggu saja nanti usulan dari partai,” tutur - nya. Pada Pilkada Kota Palem - bang yang digelar 7 April 2013 lalu, pasangan Romi Herton - Harnojoyo diusung lima parpol yakni PDI Perjuangan, Partai De - mokrat, PKS, PAN dan PPP.

Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel HM Giri Ramanda N Kie - mas mengatakan hingga kemarin partainya belum memutuskan siapa yang akan diusung meng - gantikan posisi Harnojoyo seba gai Wakil Wali Kota Palembang. Partai pimpinan Megawati Soe karnopu - tri itu Senin (14/9). “Kita baru akan rapat hari Senin besok,” Ujar Giri.

Dia menuturkan, PDI Perjua - ngan membuka peluang yang sa - ngat besar bagi kader partai ber - lambang banteng itu untuk men - calonkan sebagai calon Wakil Wali KotaPalembang. Setiapkaderyang bersedia dia minta segera me - ngambil formulir untuk kemudian diusulkan ke DPP PDI Perjuangan. “Yah, kita utamakan kader PDIP lah. Meskipun kalau ada dari birokrasi atau pihak lain, kita tetap mengutamakan kader par tai. Se - bab yang digantikan juga kader partai. Namun yah siapa pun yang mau yang silakan,” ujarnya.

Setiap calon dipastikan akan mengikuti serangkaian tes sebe - lum diusung. Tujuannya untuk memastikan kelayakannya seba - gai wakil wali kota. Gubernur Sumsel Alex Noer - din meminta agar persoalan Wa - kil Wali Kota Palembang tidak meng ganggu kinerja pemerin - tahan.

Menurut dia, sosok wakil wali kota yang harus dicari adalah orang yang bisa bekerjasama dengan wali kota. “Jangan sampai urusan wakil wali kota menganggu pekerjaan nantinya. Yang penting cari wakil yang bisa kerjasama. Sebab, Pa lem - bang ini posisi kunci di Sum sel, bagusnya Palembang, bagus juga sumsel, jeleknya Palembang jelek juga untuk Sumsel,” ujar Alex.

Pada pelantikan Harnojoyo kemarin, tampak hadir sejumlah tokoh seperti anggota DPR RI Syof - watillah Mohzaib, anggota DPD RI Asmawati, Mantan Wakil Wali Kota Aidit Azis, Sultan Pa lem bang Iskandar Mahmud Ba da ruddin dan Dirut Bank Sum selbabel (BSB) MAdil. Juga tampak Bupati Banyu - asin Yan Anton Ferdian, Bupati OKI Iskandar, Wakil Wali Kota Pagar alam No virzah Djazuli dan sejumlah pejabat daerah lain.

Sierra syailendra
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7324 seconds (0.1#10.140)
pixels