4 Nelayan Malaysia Tertangkap Tangan Mencuri Ikan di Riau

Jum'at, 11 September 2015 - 04:30 WIB
4 Nelayan Malaysia Tertangkap...
4 Nelayan Malaysia Tertangkap Tangan Mencuri Ikan di Riau
A A A
PEKANBARU - Polres Bengkalis, Riau, mengamankan kapal nelayan berbendara Malaysia. Saat ditangkap, seorang nahkoda dan anak buah kapal (ABK) sedang melakukan aktivitas menangkap ikan (illegal fishing).
Kapolres Bengkalis AKBP Aloysius Supriadi menjelaskan, posisi kapal nelayan Malaysia itu berada 02 14' 214" N-101 44' 784" E yang di perairan Rupat.

"Mereka semua warga negara Malaysia. Mereka kedapatan sedang mencuri ikan di perairan sekitar 7 mil dari perairan Rupat. Saat ini kapal tersebut baru sampai di polres," kata Kapolres Bengkalis Aloysius, kepada wartawan, Kamis (10/9/2015).

Pencurian ikan nelayan negara tetangga itu terungkap saat polisi melakukan patroli di perairan Rupat. Saat itu, polisi mencurigai sebuah kapal yang sedang menjaring ikan. Setelah diperiksa, ternyata benar, mereka bukan nelayan Indonesia.

Petugas pun langsung melakukan pemeriksaan terhadap penghuni kapal. Setelah diperiksa, mereka diketahui sebagai warga Malaysia. Mereka adalah RZ(49), MS (30), JF (49), dan NA (40).

Setelah itu, petugas melakukan pemeriksaan isi kapal. Petugas kemudian mendapatkan ikan seberat 40 kilogram yang merupakan hasil curian. Selanjutnya pihak Polisi Air Polres Bengkalis langsung membawa mereka kedaratan untuk diproses.

Saat ini, kapal Malaysia dengan nomor lambung NSS 691 dengan ikannya diamankan untuk barang bukti. "Kasus ini secepatnya untuk diproses agar segera disidangkan," ungkap Kapolres Aloysius.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)