Padukan Asuransi dan Investasi Syariah

Rabu, 09 September 2015 - 09:58 WIB
Padukan Asuransi dan Investasi Syariah
Padukan Asuransi dan Investasi Syariah
A A A
PALEMBANG - Produk asuransi unitlink syariah bertajuk Zafirah Save Link, resmi diluncurkan untuk wilayah Sumbagsel, di Hotel Aston Palembang, kemarin.

Hingga akhir tahun ini, produk kerja sama Manulife Indonesia dan Bank Muamalat tersebut di - tar getkan mampu merekrut se - tidaknya 2.000 nasabah di wila - yah Sumsel. Senior Vice President & Chief Manulife Syariah Business, Ardhi Lutfi Siregar mengatakan, Zafi - rah Save Link merupakan produk asuransi unitlink yang didesain un tuk menyediakan perlindu - ngan masa depan melalui pemba - yaran premi secara berkala.

Me - nu rutnya, produk ini dirancang untuk masyarakat yang membu - tuh kan perlindungan asuransi se - kaligus ingin menginvestasikan dana mereka dengan berlandas - kan prinsip-prinsip syariah. “Kenapa Manulife menggan - deng Bank Muamalat, jawaban - nya karena bank ini merupakan bank syariah pertama di Indone - sia. Kemudian market share Muamalat mencapai 23% atau me - nem pati rangking 2 nasional.

Se - hingga perpaduan Manulife yang telah berpengalaman 30 tahun di bidang asuransi dan menempati rangking 2 market share nasional dengan Bank Muamalat yang merupakan bank syariah yang kompeten dan memiliki jaringan luas yang meliputi seluruh Indo - nesia diyakini mampu mengem - bangkan produk ini dengan baik,” katanya kemarin.

Ardhi menerangkan, Zafirah Save Link menawarkan sejumlah alternatif paket yang dapat me - menuhi kebutuhan asuransi se - tiap nasabah. Selain itu tersedia pula berbagai pilihan jumlah uang pertanggungan dan asuransi tambahan (rider). “Nasabah juga akan menda - pat kan fleksibilitas dalam memi - lih dana investasi yang sesuai de - ngan rencana investasi jangka panjang dan profil risiko mereka. Yang terpenting adalah, semua dana investasi yang tersedia dike - lola secara profesional dengan ber landaskan prinsip-prinsip sya - riah,” tuturnya.

Head of Muamalat Partner - ship Bussines Manulife Indone - sia, Rudi Munardi mengatakan, penetrasi pasar asuransi syariah di Indonesia baru berkisar 5%. Kondisi ini jauh tertinggal dari ne gara-negara ASEAN. “Peluang pertumbuhan asu - ransi syariah di Indonesia masih sangat besar. Kami (Manulife) me milih bekerja sama dengan Bank Muamalat untuk mengem - bang kan pasar syariah yang ada. Apalagi jaringan Bank Muamalat yang tersebar mulai Aceh hingga Papua plus cabang penuh di Kuala Lumpur, Malaysia, akan sangat bermanfaat dalam memasarkan Zafirah Save Link ini,” ujarnya.

Rudi menjelaskan, keunggul - an yang diusung Zafirah adalah de ngan diterapkannya e-applica - tion sehingga calon nasabah tidak perlu menunggu berhari-hari me - nanti pengajuan polisnya. Sebab Manulife dan Bank Muamalat me nyadari, di era serba cepat se - ka rang ini, waktu akan sangat ber harga bagi nasabah.

“Financial Specialistkami akan ditempatkan di seluruh kantor cabang Bank Muamalat untuk me layani calon nasabah maupun nasabah yang membutuhkan informasi. Mereka dibekali lap - top sehingga transaksi yang ter - jadi tanpa menggunakan kertas (paperless) dan cepat. Bahkan jika tidak ada kendala atau syarat yang kurang, pengajuan proposal akan disetujui dalam waktu 1 atau 2 jam saja,” terangnya.

Sementara itu, Area Manager Bank Muamalat Wilayah Sum - bag sel, Supriyanto Turastome nga - ta kan, hingga saat ini tercatat nasabah Bank Muamalat di wila - yah Sumbagsel mencapai 400.000 nasabah. Adapun target awal na - sabah yang bergabung dalam Za - fi rah Save Link di area Palembang sebanyak 1.000 nasabah.

“Kalau area Sumbagsel jumlah nasabah yang dibidik ya sekitar 2.000 na - sabah. Kita optimistis bisa meme - nuhi target itu karena memang produk Zafirah Save Link sangat ba gus dan cocok bagi umat muslim yang cenderung khawatir berinvestasi di asuransi umum,” pungkasnya.

Iwan setiawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3198 seconds (0.1#10.140)