Pola Pikir Masyarakat OKU Harus Berubah

Kamis, 03 September 2015 - 09:49 WIB
Pola Pikir Masyarakat...
Pola Pikir Masyarakat OKU Harus Berubah
A A A
BATURAJA - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) harus mengubah pola pikir masyarakat perkotaan, seperti menjaga pola hidup sehat dan bersih, untuk menuju OKU sejahtera 2019.

Penjabat Bupati OKU, Maulan Aklil, melalui Asisten III Akhmad Tarmizi, mengungkapkan, untuk mengubah sikap dan perilaku masyarakat untuk hidup bersih, serta sehat dan produktif, maka pihaknya harus menjalan kan Program Peningkatan Kua litas Perkotaan (P2KP).

“Program ini menekankan adanya jaminan peningkatan kapasitas yang berkelanjutan, melalui peran pemerintah daerah yang bekerjasama dengan stakeholders pembangunan. Ini untuk mendorong pelaksanaan pro gram peningkatan kualitas pemukiman,” ujar Tarmizi, usai membuka Loka Karya P2KP yang diselenggarakan Dinas PU Cip ta Karya di Islamic Center Baturaja, kemarin.

Tarmizi menyampaikan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mencanangkan program prakarsa permukiman 100-0-100, yang merupakan rumusan program pengembangan permukiman berkelanjutan dengan mencapai 100% akses air minum, mengurangi kawasan kumuh hingga 0% dan 100% akses sanitasi untuk masyarakat Indonesia pada akhir 2019. Jadi, secara umum untuk meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dalam aspek sistem, kelembagaan dan individu yang dalam pelaksanaannya menganut prinsip multidimensi.

“Program berorientasi jangka panjang, menengah dan pendek, serta mencakup multi stakeholder dan bersifat demand driven dengan mengacu kebijakan nasional,” jelasnya. Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya OKU, Aulia Mahdi mengemukakan, program P2KP memang sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025, yaitu terwujudnya pembangunan yang lebih merata dan berkeadilan.

Ini ditandai dengan terpenuhinya kebutuhan hunian, beserta prasarana dan sarana pendukungnya, bagi seluruh masyarakat guna mewujudkab kota tanpa pemukiman kumuh. “Saya optimistis, jika semua bekerjasama mewujudkan apa yang diprogramkan pemerintah pusat, maka tujuan menuju OKU sejahtera 2019 akan terealisasi,” tandasnya.

Ibrahim arsyad
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1477 seconds (0.1#10.140)