Rem Bermasalah, Lokomotif Hajar Pagar Pembatas

Sabtu, 29 Agustus 2015 - 14:33 WIB
Rem Bermasalah, Lokomotif Hajar Pagar Pembatas
Rem Bermasalah, Lokomotif Hajar Pagar Pembatas
A A A
YOGYAKARTA - Lokomotif dengan nomor seri CC 2061507 menabrak pagar pembatas rel di sebelah timur bengkel kereta api Balai Yasa, Yogyakarta. Kereta tersebut sedang dalam uji coba seusai diperbaiki tim teknisi.

Peristiwa itu terjadi Sabtu (29/8/2015) sekira pukul 10.30. Tidak ada korban dalam insiden tersebut. Namun, warga yang kebetulan melintas berhenti untuk melihat kejadian tersebut.

Informasinya, kereta api melintas dari arah barat menuju timur di sisi utara bengkel yang masih berada di komplek Balai Yasa. Lintasan itu memang dipergunakan untuk menguji lokomotif seusai diperbaiki.

"Katanya rem kereta (lokomotif) tidak pakem, blong, sehingga saat akan berhenti tidak bisa langsung dan menabrak pohon," kata Hadi, warga sekitar yang turut melihat bersama kerumunan warga lain, Sabtu (29/8/2015).

Peristiwa itu membuat kemacetan cukup panjang di sekitar lokasi karena pengendara motor berhenti di pinggir jalan untuk melihat proses evakuasi. Pohon yang tumbang langsung dipotong- potong menggunakan gergaji mesin sehingga tidak menghalangi penarikan lokomotif.

"Ditarik menggunakan dua kereta (lokomotif) lain untuk diperbaiki lagi di Balai Yasa. Sekitar pukul 12.00 tadi sudah selesai," katanya.

Tidak ada gangguan perjalanan kereta api karena jalur tersebut tidak dipergunakan untuk perjalanan kereta api. Jalur itu khusus hanya untuk pengujian lokomotif yang sedang diperbaiki secara berkala.

"Ini bukan jalur lintasan, lintasan kereta api ada di selatan Balai Yasa. Jalur ini khusus untuk tes kereta yang sedang dalam perbaikan," tutupnya.

Belum ada keterangan resmi dari PT KAI terkait insiden ini. Namun, informasi yang berkembang, peristiwa itu terjadi karena rem pada lokomotif tersebut kurang sempurna sehingga tidak bisa berhenti saat pengereman.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6600 seconds (0.1#10.140)