alexametrics

Ribuan KK di Pamekasan Tak Punya Jamban

loading...
Ribuan KK di Pamekasan Tak Punya Jamban
Ribuan KK di Pamekasan Tak Punya Jamban
A+ A-
PAMEKASAN - Ribuan Kepala Keluarga (KK) yang ada di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, terindentifikasi tidak memiliki jamban atau tempat buang air besar. Praktis, dengan tidak memakai jamban, kesehatan ribuan warga akan terancam penyakit yang disebabkan dari kotoran tersebut.

Data yang didapat oleh Kodim 0826 Pamekasan, masyarakat Kabupaten Pamekasan yang belum memiliki jamban sebanyak 4.552 KK. Jumlah tersebut tersebar di 13 kecamatan dan sebagian besar berada di tingkat desa.

"Jumlah KK yang tidak memiliki jamban mencapai ribuan. Saat ini kami fokus dalam progam membangun jamban, terutama bagi masyarakat yang tidak mampu," ujar Komandan Kodim (Dandim) 0826 Pamekasan Letk Arm Mawardi, Jumat (28/8/2015).

Mawardi menjelaskan, program sejuta jamban yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin akan dilakukan secara berkesinambungan sehingga tepat sasaran dan masyarakat bisa menjalankan pola hidup sehat.

Program sejuta jamban, menurutnya, sudah dimulai dengan membangun sekitar 182 jamban yang tersebar rata di seluruh kecamatan. Cuma, dari jumlah tersebut masih dalam tahap pekerjaan dan yang selesai ada sebanyak 45 unit, sisanya tinggal menunggu tahap penyelesaian.

"Dari jumlah tersebut, yang masih belum selesai dikerjakan sama sekali sebanyak 45 unit jambang. Sisanya menyusul dan masih dalam tahap pembangunan," ungkap Mawardi.

Program sejuta jamban menggunakan dana program karya bakti yang dimiliki oleh TNI. Program tersebut dikhususkan bagi masyarakat yang masih belum memiliki jamban di rumahnya, yang dalam pekerjaannya langsung melibatkan masing-masing Koramil setempat.

"Pembangunan sejuta jamban yang menjadi program nasional dari TNI AD, harapannya masyarakat miskin memiliki pola hidup sehat. Tidak buang air besar sembarangan," tegasnya.
(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak