Polwan Bantu Turunkan Tensi Warga Terdampak Jatigede

Kamis, 27 Agustus 2015 - 02:03 WIB
Polwan Bantu Turunkan Tensi Warga Terdampak Jatigede
Polwan Bantu Turunkan Tensi Warga Terdampak Jatigede
A A A
SUMEDANG - Tingkat depresi warga di wilayah bakal tergenang Waduk Jatigede tinggi. Hal ini terdeteksi saat 44 polwan dari Polres Sumedang turun ke Desa Pakualam, Kecamatan Jatigede untuk memberikan pengobatan gratis kepada ratusan warga di lokasi tersebut.

Wakapolres Sumedang Kompol Tri Suryanti mengatakan, dari hasil pemeriksaan medis, banyak warga yang mengikuti pengobatan gratis memiliki tensi tinggi.

“Hasil tensi warga yang mengikuti pengobatan gratis di sini cukup tinggi-tinggi. Setelah kami tanya penyebabnya warga mengatakan kepikiran dengan akan adanya penggenangan Waduk Jatigede,” ujarnya ditemui di Balai Desa Pakualam, Rabu (26/8/2015).

Oleh karenanya, kata dia, selain memberikan pengobatan gratis pihaknya juga memberikan motivasi dan dukungan kepada warga di wilayah salah satu desa bakal tergenang Waduk Jatigede tersebut.

“Jelang penggenangan tingkat depresi warga di sini memang cukup tinggi, karena itu selain obat kami beri motivasi dan dukungan dengan memberikan keyakinan kepada setiap warga bahwa pemerintah sudah mempersiapkan segala sesuatunya bagi warga terdampak Jatigede, jadi warga tidak usah risau,” tuturnya.

Ke depan, lanjut dia, bila diperlukan jajaran kepolisian dari Polres Sumedang, khususnya anggota polwan siap turun ke lapangan untuk terus memberikan bantuan medis dan motivasi kepada warga.

“Kalau memang nanti diperlukan, kami siap turun ke bawah, melihat kondisi, kalau memang nanti secara psikis ada istilahnya mungkin terguncang ya kita memberikan semacam motivasi dan dukungan. Selain itu, kami juga punya konselor yang nantinya bisa dimanfaatkan tenaganya untuk memberikan dukungan, meningkatkan motivasi untuk warga di sini yang terkena dampak ini,” timpalnya.

Selain pengobatan gratis, kata dia, dalam rangkaian peringatan HUT Polwan ke-67 ini pihaknya juga memberikan bantuan berupa sembako kepada ratusan warga di Desa Pakualam.

“Untuk pengobatan sendiri dilakukan oleh staf kesehatan dari polres dibantu polwan yang memang punya keahlian di bidang medis. Kami juga dibantu dokter dari RSUD Sumedang,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6293 seconds (0.1#10.140)