330 Personel Gabungan Padamkan Kebakaran di Gunung Merbabu

Sabtu, 22 Agustus 2015 - 22:22 WIB
330 Personel Gabungan Padamkan Kebakaran di Gunung Merbabu
330 Personel Gabungan Padamkan Kebakaran di Gunung Merbabu
A A A
JAKARTA - Kebakaran hutan dan lahan di lereng Gunung Merbabu, Jawa Tengah telah berhasil dipadamkan pada Sabtu (22/8/2015) pukul 17.00 WIB. Sekitar 330 personel tim gabungan berhasil memadamkan api dengan peralatan yang terbatas karena lokasi kebakaran di lereng-lereng gunung yang curam, tidak ada air dan kondisi cuaca kering.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, sekitar 200 personel dari BPBD Kabupaten Magelang, TNI, Polri, TNGM, relawan dan masyarakat pada Sabtu pukul 08.00 WIB diberangkatkan.

Tiga kloter melalui Posko Suwanting dan 1 kloter melalui Sobleman, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Daerah-daerah yang berhasil dipadamkan adalah Desa Genikan, Kecamatan Ngablak, jalur pendakian Wulunggunung, Dusun Denokan, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Lembah Manding, Puncak Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Sabana 1, 2, 3, dan 7, serta sumber mata air Dampo Awang.

"Tim gabungan telah memastikan tidak ada sisa-sisa bara api, agar tidak terjadi kebakaran kembali. Dua pos dapur umum BPBD Magelang di Dusun Suwanting dan Balai Desa Wonolelo telah ditutup," kata Sutopo dalam rilisnya, Sabtu (22/8/2015).

Sementara, dari Boyolali, sebanyak 130 personel dari BPBD Boyolali, BPBD Klaten, TNI, Polri, TNGM, UNY, relawan, dan masyarakat berhasil memadamkan 50 hektare perdu ilalang, tanaman edelweis, dan sebagian hutan lindung yang ada di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

"Tim gabungan memadamkan terus-menerus dengan menggunakan ranting dan membuat sekat agar api tidak meluas. Tim bertahan di gunung dan regu porter mengirim logistik setiap 5 jam," ujarnya.

Setelah dihitung, total luas wilayah yang terbakar sekitar 90 hektare, dengan rincian 40 hektare di Kabupaten Magelang dan 50 hektare di Kabupaten Boyolali.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3201 seconds (0.1#10.140)