12 Jam Api Berkobar, Gedung Medan Plaza Rawan Runtuh

Sabtu, 22 Agustus 2015 - 14:15 WIB
12 Jam Api Berkobar, Gedung Medan Plaza Rawan Runtuh
12 Jam Api Berkobar, Gedung Medan Plaza Rawan Runtuh
A A A
MEDAN - Kebakaran Gedung Medan Plaza di Jalan Iskandar Muda Medan hingga Sabtu siang ini masih berlangsung. Api terlihat masih berkobar di dalam gedung meski sudah berlalu selama 12 jam.

Petugas pemadam kebakaran masih ragu untuk melakukan penyiraman ke dalam gedung karena beton bangunan yang diduga sudah rapuh rawan runtuh akibat lamanya kebakaran.

Banyaknya barang-barang yang mudah terbakar di dalam bangunan di duga menjadi penyebab api sulit untuk dijinakkan.

Puluhan petugas Pemadam Kebakaran Pemkot Medan secara marathon terus berupaya menjinakkan api. Warga juga terlihat masih memadati lokasi kebakaran.

Bangunan Medan Plaza didirikan pada 1984 sebelumnya kebakaran hebat juga menghanguskan Gedung Plaza ini pada 1994 lalu.

Hingga saat ini bangunan plaza sudah mengalami peristiwa kebakaran sebanyak 3 kali. Sehingga kondisi bangunan plaza kini bisa dikatakan sudah tidak layak karena sudah rapuh akibat peristiwa kebakaran.

Petugas pemadam kebakaran juga mengalami kesulitan untuk kebutuhan air karena beberapa jaringan pompa hidran yang berada di halaman plaza tidak berfungsi. Sehingga petugas pemadam harus secara bergantian menyiram api.

Bahkan isu yang beredar di masyarakat bangunan Medan Plaza yang sudah tua dan anggap sudah tidak layak tersebut diduga sengaja dibakar oleh oknum-oknum tertentu untuk mendapat ganti rugi dari pihak asuransi.

Aparat Polresta Medan masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran yang menimbulkan kerugian material triliunan rupiah tersebut.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9980 seconds (0.1#10.140)