Izin Bermasalah, Lima Senpi Digudangkan

Rabu, 05 Agustus 2015 - 09:11 WIB
Izin Bermasalah, Lima Senpi Digudangkan
Izin Bermasalah, Lima Senpi Digudangkan
A A A
SEMARANG - Polsek Gayamsari mengecek kelengkapan dan kondisi senjata api (senpi) kepada seluruh anggotanya. Hasilnya, lima senpi ditarik dari pemiliknya untuk digudangkan karena masa izin pemegangnya sudah habis. “Itu berkaitan dengan izin memegangnya yang sudah habis. Kami langsung tarik untuk digudangkan,” kata Kapolsek Gayamsari Kompol Dili Yanto di Mapolsek Gayamsari Kota Semarang, kemarin.

Total senjata api yang dicek ada 38 pucuk terdiri dari 25 laras pendek jenis revolver dan 13 lainnya laras panjang, baik jenis SS1 V2 maupun US Carbine. Pelurunya pun tidak luput dari pengecekan. Walaupun tergolong senjata yang sudah lama alias tahunan, ternyata kondisinya masih bagus. Dili menyebut kondisinya masih layak dipakai. “Walaupun sudah lama, kalau perawatan dilakukan dengan baik, tetap layak digunakan,” ujarnya.

Dili mengaku untuk persoalan senpi diawasi sangat ketat. Selain izin yang harus diperpanjang, pemeriksaan psikologi juga rutin dilakukan. Tak hanya itu, pengecekan calon pemegang senpi hingga ke keluarga. Sebab, kata Dili, jika keluarga si pemegang senpi mempunyai persoalan, anggota yang bersangkutan tidak akan keluari zin memegang senpi.

Hasil tes psikologi atas pemegang senpi juga tidak bisa diperpanjang. Artinya, jika sudah satu tahun, si pemegang harus melakukan tes psikologi ulang. Jika hasilnya memenuhi syarat, barulah izin bisa dikeluarkan. “Latar belakang keluarganya juga dicek. Kalau ada masalah, ya tidak bisa (pegang senpi). Tidak diberikan,” ungkap Dili Yanto.

Salah satu anggota Provos Polsek Gayamsari, Aiptu Dadang mengatakan, pemeriksaan juga meliputi kebersihan senjata api. “Kebersihan laras dan rongganya juga dicek,” katanya.

Eka setiawan
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7178 seconds (0.1#10.140)