Kuota Seleksi Mandiri UIN 432 Orang

Rabu, 29 Juli 2015 - 09:53 WIB
Kuota Seleksi Mandiri UIN 432 Orang
Kuota Seleksi Mandiri UIN 432 Orang
A A A
PALEMBANG - Saat ini Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang dalam proses menerima mahasiswa baru jalur seleksi mandiri dengan daya tampung 432 orang.

Berbeda dengan tahun lalu, ujian mandiri kali ini sudah meng gunakan sistem computer based test(CBT) atau semi online yang berlangsung hingga 31 Juli mendatang.

Kepala Pusat Tek no logi, Informasi dan Pangkalan Data (PUSTIPAD) UIN Raden Fatah Fahruddinmenga takan, daya tampung seleksi ter akhir ini sudah bertambah dari kuota seleksi sebelumnya yang tidakdiisiolehcalonma hasiswa. Sebab, seperti diberitakan sebelumnya, separuh dari calon mahasiswa UIN didiskualifikasi lantaran tidak mendaftar ula ng.

“Total kuota UIN Raden Fa tah untuk semua prodi seba nyak 3.070 orang. Persentase kelulusan yang tidak registrasi tentu dialihkan ke ujian man diri yang sebelumnyahanya200,” ujarnya. Pihaknya menyiasati pe menu han kuota ini pada ujian man diri, terutama pada prodi yang langka peminat.

Sebab, dikhawatirkan ujian mandiri hanya akan dipenuhi prodi unggulan, selain itu kurangnya pema haman calon mahasiswa pada komputer alias gagap teknologi juga menjadi per timbangan. “Tahun ini kami gelar deng an sistem CBT. Hingga kemarin sudah 1.700 pendaftar dan me ngikuti tes bergilir,”sebut dia.

Sementara itu, seleksi ma suk Universitas Sriwijaya (Unsri) baikmelaluijalurnasional, bersama, maupun mandiri su dah tuntas. Data terakhir pa ni tia jalur Ujian Masuk Mandiri (USM) Unsri mencatat ada 2.900 peserta yang lolos setelah menempuh ujian tertulis 22 Juli lalu. Angka ini menunjuk kan terpenuhnya kuota untuk jenjang Strata 1 (S1) di 54 Program Studi (prodi) di 10 Fa kul tas.

Tentu saja kuota ter sebut akan terpenuhi apabila pada 3-4 Agustus nanti peserta yang lolos USM registrasi ulang. Namun bagi yang belum lolos ketiga jalur tersebut dan tetap menginginkan kuliah di Unsri, tak perlu berkecil hati. Sebab Unsri masih melalui jalur USM ini membuka program Dip loma 3 (D3) untuk Fakultas Ekonomi dan Komputer.

“Kesempatan ini sengaja kita buka selesai pelaksanaan USM agar mem beri waktu bagi mereka yang belum beruntung di tiga jalur sebelumnya dan bisa mepersiapkan diri,” ungkap Ke tua Panitia Penerimaan Ma hasiswa Baru Unsri, Zulfkili Dahlan.

Pendaftaran dibuka mulai 27 Juli - 27 Agustus. Adapun tes tertulis digelar pada 28 Agustus mendatang. Prodi yang di pe - run tukkan untuk D3 ini yakni Manajemen Infor mati ka,Tek - nik Komputer, Komputeriasi Akutansi, dan Teknik Kom puter Jaringan. Sedangkan untuk Fakultas Ekonomi yakni prodi Akutansi dan Kesekretariatan.

Yulia Savitri
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4341 seconds (0.1#10.140)