Waspadai Copet saat Belanja Kebutuhan Lebaran

Kamis, 16 Juli 2015 - 03:01 WIB
Waspadai Copet saat Belanja Kebutuhan Lebaran
Waspadai Copet saat Belanja Kebutuhan Lebaran
A A A
YOGYAKARTA - Jumlah pengunjung di pusat perbelanjaan seperti mal maupun pasar tradisional semakin padat mendekati Idul Fitri atau Lebaran. Hal itu membuka peluang copet beraksi.

Kapolda DIY Brigjen Pol Erwin Triwanto mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan diri saat berbelanja. Pihaknya mengaku sudah menempatkan personel berseragam maupun pakaian preman di berbagai titik untuk meminimalkan korban pencopetan.

"Kita optimal dalam menjalankan tugas. Saya perintahkan personel untuk pantau semua titik rawan. Kita minta masyarakat juga harus meningkatkan kewaspadaan," katanya saat meninjau pos pengamanan di Malioboro, Yogyakarta, Rabu (15/7/2015).

Dia mengaku, pihaknya sulit mengidentifikasi pelaku copet. Sebab, pelaku menyamar layaknya pembeli lain.

Pihaknya juga mengandeng semua unsur pengamanan, seperti petugas pasar maupun sekuriti di mal untuk bersinergi dalam menjaga kondisi yang kondusif.

Masyarakat, kata dia, diminta tidak memperlihatkan barang berharga seperti mengenakan perhiasan yang mencolok saat belanja. Sebab, hal itu bisa mengundang ulah pelaku tindak kejahatan untuk melancarkan aksi saat korban lengah. "Kalau belanja sebaiknya tidak perlu bawa perhiasan yang berlebihan," pintanya.

Pihaknya meminta masyarakat proaktif jika mendapati pelaku pencopetan, salah satunya dengan tidak melakukan main hakim sendiri.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4230 seconds (0.1#10.140)