PSIS Siapkan Pemain Cadangan

Rabu, 15 Juli 2015 - 10:14 WIB
PSIS Siapkan Pemain Cadangan
PSIS Siapkan Pemain Cadangan
A A A
SEMARANG - PSIS Semarang sejak awal sudah mengantisipasi minimnya pemain dalam laga lanjutan final Turnamen Polda Jateng Cup 2015.

Karena dilaksanakan setelah Lebaran, diperkirakan tidak semua pemain yang membela tim dalam fase grup maupun babak semifinal tetap akan bertahan. Guna mengantisipasi kemungkinan terburuk, telah disiapkan pemain-pemain yang sebelumnya tidak didaftarkan ke operator turnamen. Meski tidak resmi, pemainpemain alternatif itu nanti diperbolehkan mengisi skuad pada dua laga sisa.

“Kami sudah ada kesepakatan dengan pihak Persis Solo. Intinya, baik PSIS Semarang maupun Persis sama-sama sepakat dalam final nanti ada pemain di luar yang didaftarkan bisa turun dalam laga,” kata Direktur Teknik PSIS Setyo Agung Nugroho, kemarin. Menurut Setyo, tidak mudah kembali mengumpulkan pemain setelah Lebaran.

Apalagi, saat ini mereka tidak dalam status dikontrak resmi dan tidak mengikuti turnamen yang lain. Bisa saja pada saat pelaksanaan final nanti sedang ikut pertandingan di daerah lain. Segala kemungkinan itu sudah diantisipasi sejak dini. ”Kanbisa saja pemain ada kesibukan lain. Siapa pun nanti yang diturunkan, tidak akan ada yang perlu dipermasalahkan,” katanya.

Direktur Teknik dan Olahraga PT Persis Solo Saestu (PSS) Totok Supriyanto juga membenarkan hal itu. Akan ada wajah-wajah baru pemain Persis dalam final nanti. Pemain baru tetap diizinkan bergabung, kecuali pemain asing. “Kalau pemain asing seperti Ronald Fagundez tentu tidak boleh, karena sejak awal sudah tidak diperbolehkan tampil. Saya lebih senang tim Divisi Utama tidak dihuni pemain asing, karena sangat ribet dan mintanya biasanya aneh-aneh,” kata Totok.

Selain menyelesaikan sisa dua laga Turnamen Polda Jateng, Persis juga menyiapkan tim yang akan berlaga di Turnamen Piala Kemerdekaan yang diselenggarakan Tim Transisi bentukan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Tak ayal, Laskar Sambernyawaharus berbenah diri agar skuad yang dipersiapkan nanti performanya bisa lebih dari daripada materi pemain di Turnamen Polda Jateng.

“Kami ngiras-ngirus, untuk kelanjutan final dan persiapan Piala Kemerdekaan. Secara lisan kami sudah ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Kemerdekaan,” ucapnya. Terkait dengan materi pemain baru, Totok menyebut akan ada perubahan di lini depan, tengah, dan belakang. Beberapa pemain dicoret karena dinilai tidak sesuai kebutuhan tim untuk dicarikan penggantinya.

Pemilihan pemain akan langsung dilakukan Pelatih Aris Budi Sulistyo. Pihaknya hanya menerima rekomendasi dari pelatih kepala. ”Saya tinggal nompo mateng. Kalau dipertimbangkan sip, akan kami eksekusi,” paparnya.

Setelah diliburkan, para pemain Mahesa Jenardan Persis pulang ke daerah asalnya masing-masing. Jika para pemain PSIS sebagian besar berasal dari Jawa Tengah, pemain Persis beberapa dari luar Jawa seperti Anggo Julian dan Nanang Asripin.

Arif purniawan
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3576 seconds (0.1#10.140)